Kapal Legendaris TNI AL Dewaruci Sandar di Balikpapan, Open Ship Gratis, Catat Waktu dan Lokasinya

Masyarakat bisa melihat dari dekat kapal legenda tanpa dipungut biaya.

Tribunkaltim.co/ Fachmi Rachman
Sang kapal legendaris milik TNI AL, KRI Dewaruci bersandar di dermaga Pelabuhan Semayang Balikpapan, Senin (25/3/2019) pagi. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Kapal legendaris milik TNI AL, Dewaruci bersandar di dermaga Pelabuhan Semayang Balikpapan, Senin (25/3/2019).

Kemegahan dan aura magis dari kapal yang telah keliling dunia sebanyak 2 kali tersebut negitu terasa ketika semakin dekat dengan jangkauan mata.

Tampak tiga tiang utama berwarna kuning menjulang tinggi ke langit, dengan tali-tali kapal yang saling menjuntai membuat kapal buatan HC Stulcken & Sohn Shipyard di kota Hamburg, Jerman pada 1952 silam ini tampak kokoh dan perkasa.

Hari Ini Kemenhub Resmi Umumkan Tarif Ojek Online Berbagai Daerah Indonesia, Segini Besarannya

Dua Anak yang Dipaksa Ngamen di Samarinda Dikembalikan Ke Orangtuanya, Begini Penanganan Kasusnya 

Informasi Lengkap UTBK Gelombang II - Cara Buat Akun LTMPT, Pendaftaran hingga Jadwal Ujian

Ditambah lagi bentangan tali yang terikat di tiang layar, yang dipasangi puluhan bendera berbagai negara belahan dunia, menegaskan kapal yang melakukan pelayaran keliling dunia sejak 1964 tersebut sarat pengalaman menjelajahi luasnya samudera dunia.

"Adalah untuk praktek taruna, latihan mereka. Jumlahnya 108 orang. Semua taruna tiap angkatan mengalaminya, sebelum penjurusan ke 5 korps, teknik, elektro suply, pelaut dan marinir," kata Brigjen Marinir Endi Supardi, Wakil Gubernur Akademi Angkatan Laut.

Di kapal dewa TNI AL ini ratusan taruna dan taruni, mengenal laut secara langsung. Sekitar 2 minggu mereka melaut setelah lepas jangkar dari Surabaya. Di atas kapal yang sudah 66 tahun berada di Republik ini, teknik dan cara berlayar mereka ketahui.

Sang kapal legendaris milik TNI AL, KRI Dewaruci bersandar di dermaga Pelabuhan Semayang Balikpapan, Senin (25/3/2019) pagi. 
Sang kapal legendaris milik TNI AL, KRI Dewaruci bersandar di dermaga Pelabuhan Semayang Balikpapan, Senin (25/3/2019) pagi.  (Tribunkaltim.co/ Fachmi Rachman)

Selama di Balikpapan, mereka bakal sambangi sekolah-sekolah untuk melakukan giat promosi. Kemudian juga sambang Pangdam, Kapolda dan Kepala Daerah setempat.

"Mohon arahan dan petunjuk. Salah satu (taruna) ada putra daerah di Balikpapan," bebernya.

Pihaknya menggelar open ship bagi warga Balikpapan. Masyarakat bisa melihat dari dekat kapal legenda tanpa dipungut biaya. Alias gratis. KRI Dewaruci dijadualkan berada di Balikpapan dari 25-28 Maret 2019.

"Open ship, pagi sampai malam. Ini kapal punya rakyat dan untuk rakyat. Setelah dari sini kembali ke Surabaya," tuturnya. (*) 

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved