Jargas Aliri 9.260 Rumah Tangga di Balikpapan dan PPU, Warga Senang tak Perlu Keliling Lagi 

Jargas bagi 5.000 sambungan rumah tangga (SR) tersebut secara resmi sudah beroperasi, pada Rabu (27/03), bertempat di Kelurahan Gunung Sari Ulu.

Jargas Aliri 9.260 Rumah Tangga di Balikpapan dan PPU, Warga Senang tak Perlu Keliling Lagi 
Tribunkaltim.co/ Fachmi Rachman
Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), Dwi Soetjipto saat mencoba menggoreng telur dengan jaringan gas bumi (jargas) kota yang perdana digunakan, dari salah satu rumah warga, pada saat peresmian Jargas bagi 5.000 sambungan rumah tangga (SR), yang secara resmi sudah beroperasi, pada Rabu (27/03), bertempat di Kelurahan Gunung Sari Ulu, Kota Balikpapan. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Kota Balikpapan kembali mendapatkan program jaringan gas bumi (jargas) bagi rumah tangga dari Pemerintah.

Jargas bagi 5.000 sambungan rumah tangga (SR) tersebut secara resmi sudah beroperasi, pada Rabu (27/03), bertempat di Kelurahan Gunung Sari Ulu, Kota Balikpapan.

Pengoperasian jargas tersebut diresmikan oleh Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), Dwi Soetjipto.

Pada acara peresmian tersebut, turut dihadiri oleh Anggota Komisi VII DPR RI Ihwan Datu Adam, Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi, Direktur Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur Migas Alimuddin Baso, Direktur Logistik Suplay Chain dan Infrastruktur PT Pertamina (Persero) Gandhi Sriwidodo, Direktur Keuangan dan Dukungan Bisnis PT Pertamina Gas Tenny R.A. Rusdy, dan President Director PT Pertagas Niaga Linda Sunarti.

Dugaan Penipuan dan Penggelapan, Ketua DPRD Samarinda Alphad Syarif Divonis Bebas

Lion Air Terbang Langsung Samarinda ke Yogyakarta, Ini Jadwal Penerbangan Lion Air di APT Pranoto

Burn of Wings, Sayap Ayam Dibalur dengan Bubuk Cabai Pedas, Pas Dinikmati untuk Camilan Santai

Sebelumnya, pada tahun 2016, sebanyak 3.849 SR telah terpasang di rumah warga. Pada tahap kedua ini, jargas kembali mengaliri 5000 SR di Kota Balikpapan tersebut tersebar di Kelurahan Sumber Rejo, Karang Jati, Karang Rejo, dan Gunung Sari Ulu.

Penambahan sambungan jargas di Kota Balikpapan tersebut juga tidak terlepas dari sikap kooperatif pelanggan dalam memanfaatkan jargas yang ada sebelumnya.

Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), Dwi Soetjipto, mengatakan, selain untuk mengurangi subsidi LPG dan mengoptimalkan pemanfaatan gas alam nasional, Pemerintah berharap program jaringan gas kota punya dampak signifikan untuk meringankan beban masyarakat.

“Pada umumnya pemanfaatan jargas ini akan memberikan penghematan dibandingkan jika sebelumnya memanfaatkan LPG", ujarnya.

Pada sambutannya, Dwi juga mengatakan pemanfaatan gas bumi melalui pembangunan Jargas untuk rumah tangga merupakan program berkelanjutan Kementerian ESDM sebagai bentuk konsistensi pemerintah dalam menyediakan energi berkeadilan.

"Pemanfaatan gas akan dioptimalkan untuk memenuhi kebutuhan sehari hari masyarakat dan diutamakan untuk kebutuhan domestik," jelasnya.

Ayla Seruduk Freed, Macet Panjang Terjadi di Jalan Dr Sutomo Samarinda

Halaman
123
Penulis: Aditya Rahman Hafidz
Editor: Anjas Pratama
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved