Berita Pemkab Kutai Barat

Buka Rakor Penanggulangan Bencana, Bupati Kubar Ingatkan Fenomena Bencana Musiman

Karena ulah manusia yang tidak bijak memanfaatkan alam pulalah yang melatarbelakangi sejumlah peristiwa bencana alam

Buka Rakor Penanggulangan Bencana, Bupati Kubar Ingatkan Fenomena Bencana Musiman
IST/HUMAS
RAKOR BPBD - Plt Asiten I Pemkab Kubar Misran Effendi membuka Rapat Koordinasi Penanganan dan Penanggulangan Bencana Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi. 

TRIBUNKALTIM.CO, SENDAWAR - Dalam upaya memberikan gambaran kebijakan strategi dan perencanaan program penanggulangan bencana secara nasional, Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Kubar menggelar Rapat Koordinasi Penanganan dan Penanggulangan Bencana Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi di ruang rapat Kantor BP3D.

Rakor diikuti para Camat dan PD terkait di lingkungan Pemkab Kubar, serta menghadirkan Kepala BPBD Povinsi sebagai narasumber.

Kegiatan ini bertujuan untuk menyelaraskan visi dan misi Pemkab Kubar dalam penanggulangan bencana pelaksanakan program 2016-2021 melalui alokasi anggaran APBD untuk BPBD Kubar.

Wabup Tinjau Pelaksanaan UNBK, Pastikan Ujian Nasional di Kubar Berjalan Aman dan Lancar

KALTIM TERPOPULER Jawaban Tegas Kementerian ESDM untuk Surat Gubernur Kaltim Soal Produksi Batu Bara

Dalam sambutan tertulis Bupati FX Yapan SH yang dibacakan Plt Asisten I DR Misran Effendi S STP MSi menuturkan, bumi ini semakin tua, hal ini dapat kita lihat fenomena alam yang semakin memprihatinkan.

Sayangnya ini tidak dibarengi dengan sikap manusia yang semakin hari mencerminkan ketidakdewasaannya.

VIDEO Detik-detik Murid Sekolah Dievakuasi Akibat Banjir Besar di Bandung, Sutopo Ingatkan Hal Ini
VIDEO Detik-detik Murid Sekolah Dievakuasi Akibat Banjir Besar di Bandung, Sutopo Ingatkan Hal Ini (Twitter @Sutopo_PN)

Sebut saja beberapa di antaranya karena ulah manusia yang tidak bijak memanfaatkan alam pulalah yang melatarbelakangi sejumlah peristiwa bencana alam.

"Lihat saja di bumi Tanaa Purai Ngeriman ini bencana banjir seolah menjadi bencana musiman saat memasuki musim penghujan bagi masyarakat yang tinggal di bantaran, pesisir atau DAS Mahakam," ujarnya.

Misteri April Mop: Bencana Tewaskan 156 Orang Hingga Fakta Banyak Orang Tak Percaya Pemberitaan

X-Men: Dark Phoenix Tayang Juni 2019, Ada Karakter Baru Misterius Supervillain

Sebaliknya, saat musim kemarau dan meningkatnya masa tanam tumbuh masih saja ada masyarakat yang lalai dan melakukan pembalakan hutan serta pembakaran hutan secara liar dan tidak bertanggungjawab. Jangan sampai peristiwa 2015 kabut asap terulang kembali.

Menurutnya, hal ini menuntut agar fungsi koordinasi dan sinergitas berjalan dengan efektif baik antara pemerintah maupun dengan jajaran lintas sektor terkait.

Sidang berdiri di depan rumahnya di Jalan Jaksa RT 02 Desa Damai Kecematan Damai Kubar, Rabu (11/2)  yang terendam banjir yang tinggal beberapa meter  dari atap rumahnya.
Sidang berdiri di depan rumahnya di Jalan Jaksa RT 02 Desa Damai Kecematan Damai Kubar, Rabu (11/2) yang terendam banjir yang tinggal beberapa meter dari atap rumahnya. (Tribun Kaltim/Febriawan)

Salah satunya dengan melaksanakan kegiatan rapat koordinasi seperti saat ini. Dengan adanya sinergi tentunya akan membangun kesamaan langkah dalam penanganan serta penanggulangan bencana yang terpadu dan komprehensif.

Hal ini senada dengan usungan tema rakor 'Sinergitas Pemerintah Dunia Usaha dan Masyarakat Dalam Rangka Kabupaten Kutai Barat Tangguh, Tangkas Menghadapi Bencana'.

Diharapkan ada kerjasama seluruh elemen terkait dalam hal ini adalah pemerintah, swasta dan seluruh Lapisan masyarakat dalam merespon, menangani serta menanggulangi bencana di Kutai Barat dengan cepat dan tepat.

Prakiraan Cuaca di Balikpapan Selasa (2/4/2019): Hujan Sepanjang Hari Jangan Lupa Bawa Jas Hujan!

Prakiraan Cuaca 33 Kota Hari Ini Selasa 2 April 2019, Waspada Hujan Petir di Surabaya dan Pontianak

Bupati juga berpesan kepada peserta rakor ada sungguh-sungguh mengikuti kegiatan ini dan memberikan rumusan-rumusan terbaik. Terutama dalam upaya penguatan fungsi kelembagaan BPBD sebagaimana amanat UU Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana.

Tidak lupa Bupati mengimbau untuk seluruh peserta rakor kesamaan persepsi ini juga kiranya dapat dinyatakan dalam tuangan kesepakatan. Komitmen bersama yang dituangkan dalam berita acara yang wajib dilaksanakan bersama. (hms10)

Editor: Sumarsono
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved