Harga Elpiji 3 Kg di Tiga Desa di Long Ikis Tembus Rp 45.000 per Tabung

Operasi Pasar (OP) elpiji 3kg yang digelar di Desa Adang Jaya, Muara Adang dan Desa Teluk Waru cukup memerlukan waktu dan menguras tenaga.

Harga Elpiji 3 Kg di Tiga Desa di Long Ikis Tembus Rp 45.000 per Tabung
TRIBUN KALTIM / SARASSANI
Truk pengangkut elpiji 3 Kg terperosok di jalan berlumpur saat ingin menggelar Operasi Pasar di Desa Adang Jaya, Kecamatan Long Ikis, Minggu (31/3/2019). 

Harga Elpiji 3 Kg di Tiga Desa di Long Ikis Tembus Rp 45.000 per Tabung

TRIBUNKALTIM.CO, TANA PASER - Operasi Pasar (OP) elpiji 3kg yang digelar di Desa Adang Jaya, Muara Adang dan Desa Teluk Waru menurut Kasi Pengadaan Penyaluran Logistik Disperindagkop & UKM Kabupaten Paser Marwan Natsir, cukup memerlukan waktu dan menguras tenaga.

“Itu karena kami harus melewati jalan yang berlumpur dan jembatan yang hampir roboh untuk sampai di tiga desa di Kecamatan Long Ikis tersebut. Perjalanan penuh resiko dan berbahaya, tapi karena masyarakat memerlukan, setiap bulan sekali kami kesana,” kata Marwan, Senin (1/4/2019).

Berangkat hari Minggu (31/3/2019) dari Ibukota Kabupaten, lanjut Marwan, kendaraannya mengiringi dua unit truk yang mengangkut 700 tabung elpiji 3 Kg ke Desa Muara Adang. Waktu tempuh ke desa tujuan pertama itu hanya perlu tiga jam perjalanan.

Selesai di Muara Adang, OP dilanjutkan ke Desa Adang Jaya. Namun dalam perjalanan, truk yang mengangkut elpiji 3 Kg terperosok di jalan berlumpur. Perjalanan tertunda hingga pemerintah desa Adang Jaya mengirim bantuan untuk menarik truk yang rodanya tertanam di jalan berlumpur.

“Belum lagi truk yang mengangkut elpiji melewati jembatan kayu yang hampir roboh, makanya OP Adang Jaya memakan waktu cukup lama, mau tidak mau OP Desa Teluk Waru dilaksanakan di malam hari. Tidak bisa ditunda, kita sudah ditunggu masyarakat Teluk Waru,” ucapnya.

Bagaimana tidak ditunggu! Harga elpiji 3 Kg di tiga desa tersebut tembus Rp 45.000 per tabung, beli lewat OP hanya Rp 22.000 per tabung. Jika ketiga desa tersebut memiliki pangkalan elpiji 3 Kg, maka harga elpiji 3 Kg tidak akan semahal itu.

“Kita (Disperindagkop&UKM Paser) hanya bisa memberi sanksi pada pangkalan. Celakanya Adang Jaya, Muara Adang dan Teluk Waru belum punya pangkalan, makanya warga disana berharap dari pengecer, meski harganya Rp 45.000 per tabung,” jelasnya.

Minggu malam, tambah Marwan, OP di Teluk Waru akhirnya rampung. 700 tabung elpiji 3 Kg habis terbagi. Untuk Muara Adang 350 tabung, Adang Jaya 150 tabung, selebihnya di Teluk Waru. “Kami pulang malam itu pula, sampai di Tanah Grogot subuh ini,” tambahnya.(*)

Penulis: Sarassani
Editor: Reza Rasyid Umar
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved