Pilpres 2019

Ini 14 TPS Unik yang Pernah Ada dan Cocok jadi Inspirasi, Tema Toleransi hingga Mirip Pasar Kaget

Selain untuk membuat suasana pemungutan suara menjadi lebih semarak, adanya TPS unik ini juga bertujuan untuk menarik minat warga menyalurkan suaranya

Ini 14 TPS Unik yang Pernah Ada dan Cocok jadi Inspirasi, Tema Toleransi hingga Mirip Pasar Kaget
Kolase TribunKaltim.co, Tribunnews.com, Kompas.com
Sederet TPS unik yang pernah ada saat momen Pilpres 2014 dan pilkada serentak tahun 2018 lalu 

TRIBUNKALTIM.CO - Untuk memeriahkan pemilihan presiden (pilpres), pemilu legislatif (pileg) atau pemilihan kepala daerah (pilkada) ada saja masyarakat yang berupaya berkreasi menghias Tempat Pemungutan Suara (TPS) di wilayahnya.

Seperti saat pilkada serentak baru-baru ini, panitia di sejumlah TPS di beberapa daerah di Indonesia menghias TPS sesuai dengan tema yang diusung, antara lain, wayang, piala dunia, lingkungan, pakaian adat, hingga tema hantu.

Tujuannya, selain untuk membuat suasana pemungutan suara menjadi lebih semarak, juga untuk menarik minat warga untuk menyalurkan suaranya ke TPS.

Bukan hanya panitia, sejumlah pemilih pun juga turut menyemarakkan pilkada dengan mengenakan kostum super hero atau jersey timnas sepakbola.

Berikut 14 TPS unik yang dibuat warga saat Pilpres 2014 dan Pilkada serentak beberapa waktu lalu yang dirangkum dari Tribunnews.com, Tribunstyle.com, dan berbagai sumber :

1. TPS mirip acara resepsi pernikahan

TPS 03 Jalan Wiratama RT O4 dihias tak ubahnya acara resepsi pernikahan, Rabu (27/6/2018).
TPS 03 Jalan Wiratama RT O4 dihias tak ubahnya acara resepsi pernikahan, Rabu (27/6/2018). (Tribun Kaltim/Doan Pardede)

Saat pemungutan suara untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Kaltim tahun 2018 lalu, TPS 03, Jalan Wiratama RT 04 Kelurahan Sidodadi, Kecamatan Samarinda Uludihias tak ubahnya pesta pernikahan.

Lokasi TPS yang merupakan halaman rumah warga seluas sekitar 10 meter x 8 meter disulap menjadi seperti lokasi acara resepsi, yang bisa terlihat saat ada pernikahan.

Di bagian depan, tepatnya di sekitar pintu masuk, diberi hiasan janur kuning dan pisang. Janur kuning ini juga dipasang di beberapa titik di dalam lokasi TPS.

Dua bilik suara tempat warga mencoblos kertas suara ditempatkan di atas panggung, persis di tempat pengantin duduk pada acara resepsi pernikahan.

Halaman
1234
Penulis: Doan Ebenezer Pardede
Editor: Syaiful Syafar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved