Pemerintah Minta Maskapai Turunkan Tarif Tiket, di Kaltim Harga Tiket Pesawat Malah Naik

Harga tiket pesawat turun per 1 April ternyata masih kabar kabur alias belum dilaksanakan oleh sejumlah maskapai.

Pemerintah Minta Maskapai Turunkan Tarif Tiket, di Kaltim Harga Tiket Pesawat Malah Naik
Tribun Kaltim
Suasana penjualan tiket di salah satu agen perjalanan di Kota Balikpapan, Kaltim 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Harga tiket pesawat turun per 1 April ternyata masih kabar kabur alias belum dilaksanakan oleh sejumlah maskapai.

Pantuan Tribun di salah satu agen perjalanan di Balikpapan, Totogasono, menurut staf ticketing Dona Pratiwi, hingga saat ini belum ada perubahan yang signifikan terhadap harga tiket pesawat.

"Infonya sih kalau dilihat di (berita) online ada kabarnya kalau harga tiket turun. Tetapi di sistem harganya sama saja dari kemarin-kemarin," ujar Dona, Senin (1/4) di Ticketing Hall Totogasono, Balikpapan.

Terkait promo harga tiket yang diberikan oleh beberapa maskapai, menurut Dona, promo tersebut hanya diberikan untuk konsumen yang melakukan pemesanan via website maskapai saja.

UNBK Tingkat SMA dan MA mulai Digelar, Ini Mata Pelajaran yang Menjadi Momok Siswa

Hasil Liga Italia Inter Milan vs Lazio Skor 0-1, Biancocelesti Menang di Kandang Lawan

Kecanduan Game Online, 5 Anak di Jember Jalani Perawatan, Ini Pesan Gubernur Jatim untuk Orangtua!

"Seperti maskapai Garuda Indonesia, mulai 31 Maret itu ada promo di Garuda Indonesia Online Travel Festival dalam rangka HUT BUMN. Kalau di sistem kita, sistem agent, harganya sama saja (tidak promo)," jelasnya.

Dona mengatakan, pada Februari lalu, harga tiket pesawat Garuda Indonesia sempat mengalami penurunan harga, sekitar Rp 1,6 Juta untuk rute Balikpapan-Jakarta. Namun, naik lagi untuk kelas ekonomi paling tinggi menjadi Rp 2,1 jutaan.

Konferensi pers oleh Inaca soal penyesuaian harga tiket pesawat di Jakarta, Minggu (13/1/2019).
Konferensi pers oleh Inaca soal penyesuaian harga tiket pesawat di Jakarta, Minggu (13/1/2019). (KOMPAS.com/AKHDI MARTIN PRATAMA)

Selama harga tiket mahal sejak akhir 2018, ada penurunan jumlah pembelian tiket pribadi atau walk-in, yakni turun sekitar 20-25 persen.

"Tetapi kita terbantu dengan pelayanan seperti reschedule atau refund masih bisa dibantu dengan cepat. Kalau pemesanan tiket di online kan bisa dibilang ribet ya. Ya itu sih," jelasnya.

Bobol Situs dan Database Perusahaan Kakap, Putra Aji Adhari tak Tergoda Ambil Uang Miliaran Rupiah

Adik Prabowo Sebut Menteri Demokrat Masih Dipertimbangkan, Ferdinand: Hashim Tidak Tahu

Agen perjalanan lainnya, Dwidaya Tour Balikpapan melalui staf ticketing, Diana, mengatakan harga tiket di beberapa maskapai belum mengalami penurunan, masih seperti harga sebelumnya. Garuda Indonesia dan Sriwijaya Air yang hanya membuka kelas penerbangan terakhir, yaitu kelas Y (Yankee).

"Sriwijaya dan Garuda Indonesia saat ini hanya membuka kelas terakhir, kelas Y (Yankee). Itu untuk mendekati Lebaran biasanya. Misalnya Garuda Indonesia rute Balikpapan-Yogyakarta Rp 1,5 juta-Rp 1,8 juta. Balikpapan-Surabaya Rp 1,7 juta-Rp 1,9 jutaan. Sementara rute Balikpapan-Jakarta masih di angka Rp 1,9 juta-Rp 2 jutaan," tuturnya.

Halaman
123
Editor: Sumarsono
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved