Akan Bersaksi Hari Ini, Jaksa Berharap Amien Rais Dukung Dakwaan ke Ratna Sarumpaet

Politisi senior Partai Amanat Nasional Amien Rais akan menjadi saksi dalam sidang kasus penyebar berita kebohongan

Akan Bersaksi Hari Ini, Jaksa Berharap Amien Rais Dukung Dakwaan ke Ratna Sarumpaet
TribunJakarta/Dwi Putra Kesuma
Mantan Ketua MPR Amien Rais memberikan keterangan pada awak media sebelum menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya, terkait kasus penganiayaan hoaks Ratna Sarumpaet 

Akan Bersaksi Hari Ini, Jaksa Berharap Amien Rais Dukung Dakwaan ke Ratna Sarumpaet

TRIBUNKALTIM.CO, JAKARTA - Politisi senior Partai Amanat Nasional Amien Rais akan menjadi saksi dalam sidang kasus penyebar berita kebohongan atau hoaks dengan terdakwa Ratna Sarumpaet, Kamis (4/4/2019).

Jaksa Penuntut Umum Daru mengatakan, total ada 4 saksi yang dihadirkan hari ini.

"Saksi yang kita periksa hari ini sesuai jadwal namanya ada Andika, yang kedua Yudi Andrian, Eman Suherman, dan yang terakhir bapak Amien Rais. Nanti ada 4 yang kita rencanakan dalam sidang kali ini," kata Daru.

Tiga saksi yang diperiksa selain Amien Rais merupakan demonstran yang melakukan unjuk rasa di Polda Metro Jaya 3 Oktober 2018.

"Dalam hal ini ketiga saksi itu mengawal adanya unjuk rasa. yang kita inginkan adanya keterangan-keterangan dan kejadian unjuk rasa," tambah Daru

Daru menambahkan, panggilan Amien Rais sebagai saksi untuk mendukung unsur-unsur pasal-pasal yang didakwakan.

"Saya kira intinya sebenarnya kita ingin seluruhnya para saksi ini termasuk Pak Amien dalam rangka mendukung unsur-unsur pasal-pasal yang kita dakwakan secara umum itu," pungkasnya.

Diketahui dalam persidangan Ratna, Jaksa sudah menghadirkan total 10 orang saksi. Selain dokter yang melakukan operasi, saksi tersebut juga termasuk para staf hingga Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga, Nanik S Deyang. B

Adapun Ratna didakwa dengan Pasal 14 Ayat (1) Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Hukum Pidana. Jaksa juga mendakwa Ratna dengan Pasal 28 Ayat (2) jo Pasal 45 A Ayat (2) Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

[Tatang Guritno]

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Amien Rais Bersaksi di Sidang Ratna Sarumpaet Hari Ini", 

Editor: Achmad Bintoro
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved