Berita Pemkab Kutai Barat

Kampung Rejo Jadi Kampung KB Percontohan, Kini Kubar Sudah Terbentuk 38 Kampung KB

Kampung Rejo Basuki, Kecamatan Barong Tongkok, Kutai Barat dicanangkan menjadi kampung KB Percontohan.

Kampung Rejo Jadi Kampung KB Percontohan, Kini Kubar Sudah Terbentuk 38 Kampung KB
IST/HUMAS
PERCONTOHAN - Kepala BKKBN Perwakilan Kaltim Elikusnaelim membuka acara pencanangan Kampung KB Percontohan di Kampung Rejo, Barong Tongkok, Kubar. 

TRIBUNKALTIM.CO, SENDAWAR -  Kampung Rejo Basuki, Kecamatan Barong Tongkok, Kutai Barat dicanangkan menjadi kampung KB Percontohan. Hingga saat ini di Kubar sudah terbentuk 38 Kampung KB.

Dengan dibentuknya Kampung KB Maju Lestari di Rejo Basuki sebagai percontohan merupakan model Kampung KB, sehingga dapat menjadi rujukan bagi Kampung KB lain dalam menjalankan program dan kegiatan di Kampung KB,pertengahan maret lalu.

Tujuan dibentuknya Kampung KB di antaranya untuk menggaungkan program KB di masyarakat lyang saat ini kurang terdengar atau mengalami penurunan.

Cerai dari Sultan Brunei Hassanal Bolkiah, Istri Ketiga Dapat Pesangon Perusahaan Telekomunikasi

Tidak akan Subsidi Harga Tiket Pesawat Kelas Ekonomi, Menhub Budi Karya Sumadi Beberkan Alasannya

Kampung KB diyakini bisa menjadi pendorong dalam keberhasilan program kependudukan dan KB.

Melalui Kampung KB juga akan digalakkan program revolusi mental barbasis keluarga. Tujuannya adalah membangun karakter bangsa demi terciptanya keamanan, kedamaian, dan kesejahteraan keluarga.

Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Samarinda menggelar sosialisasi terkait bahayanya narkoba bagi ibu rumah tangga, di kampung KB Mekar Sejahtera, Kelurahan Air Hitam, Selasa (22/5/2018).
Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Samarinda menggelar sosialisasi terkait bahayanya narkoba bagi ibu rumah tangga, di kampung KB Mekar Sejahtera, Kelurahan Air Hitam, Selasa (22/5/2018). (TRIBUN KALTIM / CHRISTOPER DESMAWANGGA)

Turut hadir dalam pencanangan Kampung KB Rejo Basuki, Kapolsek beserta Danramil Barong Tongkok, dan Sekretaris Kecamatan Barong Tongkok.

Kepala BKKBN Perwakilan Kaltim Drs Elikusnaelim MPd menuturkan dengan Kampung KB kita ingin menciptakan lingkungan yang bernuansa program Kependudukan dan Keluarga Berencana.

BREAKING NEWS - Borneo FC Resmi Lepas Pelatih Anyar Fabio Lopez, Ini Alasannya

TERPOPULER - Catat, Begini Aturan Penggajian Serta Tunjangan P3K/PPPK

Dampak keberhasilan program ini sangat luas yang pada akhirnya akan meliputi sosial, keamanan, hingga kualitas masyarakat.

Kampung KB Maju Lestari ditetapkan sebagai Kampung KB untuk Kabupaten Kutai Barat karena telah memenuhi delapan prasyarat.

Adapun prasyarat tersebut diantaranya adanya Penyuluh KB /Pendamping, tersedianya bidan terlatih, regulasi pembentukan Kampung KB mulai tingkat kabupaten hingga kampung.

Selain itu, adanya Pokja Kampung KB sesuai delapan aspek minimal ketua, sekretaris, bendahara dan delapan seksi sesuai fungsi keluarga. Adanya sekretariat/posko Kampung KB.

Selanjutnya dengan adanya rencana kerja masyarakat, kelompok kegiatan (BKB, BKR, BKL, PIK-R, UPPKS, dan Rumah Data), adanya sumber dana lain (dana desa, partisipasi masyarakat, APBD, CSR).

Akses pendidikan dasar hingga 12 tahun secara geografis dapat terjangkau, akses pelayanan kesehatan, dan adanya komitmen sektor lain untuk terlibat dalam Kampung KB melalui program dan kegiatan yang ada di Kampung KB.

Final Piala Presiden 2019 - Duel Panas Persebaya Surabaya vs Arema FC, Ini Prediksi Susunan Pemain

Pendaftaran CPNS Juni 2019, Menpan Tegaskan Masih Butuh Banyak Guru dan Tenaga Kesehattan

Elikusnaelim juga berharap dengan dicanangkannya Kampung KB Percontohan di Rejo Basuki ini, program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) di Kubar dapat semakin bersinergi, berkolaborasi, dan saling mendukung satu sama lain dengan sektor-sektor pembangunan terkait lainnya dalam mengisi berbagai kegiatan di Kampung KB nantinya.

"Hal ini demi menjadikan Kampung KB sebagai kampung masyarakat yang sehat dan memiliki produktivitas. Dengan demikian, keberadaan Kampung KB akan memberikan manfaat bagi masyarakat dimana Kampung KB tersebut berada," tutupnya. (hms10)

Editor: Sumarsono
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved