Berita Pemkab Kutai Barat

PKK Kutai Barat Gelar Lomba Penyuluhan Stunting, Inilah Daftar Pemenangnya

Tim Penggerak PKK Kabupaten Kutai Barat menggelar lomba penyuluhan stunting yang diikuti 16 peserta mewakili 16 kecamatan.

PKK Kutai Barat Gelar Lomba Penyuluhan Stunting, Inilah Daftar Pemenangnya
IST/HUMAS
FOTO BERSAMA - Jajaran pengurus TP-PKK Kabupaten Kubar dan undangan serta peserta juga pendamping lomba foto bersama. 

TRIBUNKALTIM.CO, SENDAWAR - Tim Penggerak PKK Kabupaten Kutai Barat menggelar lomba penyuluhan stunting yang diikuti 16 peserta mewakili 16 kecamatan.

Perlombaan yang dilaksanakan digedung PKK ini dinilai tiga juri, yakni Rachel Pakung,SKM, MAp, Mardiana, SKep dan Sumiati, Amd.Keb, SH, MSi.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Yayuk Seri Rahayu dalam sambutannya berharap kegiatan ini bisa memberikan semangat bagi Tim Penggerak PKK di semua lini, khususnya bagi kader penyuluh untuk terus memotivasi dan mendorong masyarakat memahami serta turut berpartisipasi secara aktif memerangi bahaya stunting.

Kampung Rejo Jadi Kampung KB Percontohan, Kini Kubar Sudah Terbentuk 38 Kampung KB

SBY Kritik Kampanye Akbar Prabowo-Sandiaga di GBK, Mengapa Demokrat Menyerang Jagoannya Sendiri?

Prabowo Akan Berikan Uang Pensiun Bagi Koruptor Tobat, Ini Tanggapan Neno dan Yunarto Wjaya

Yayuk juga berpesan kepada para kader atau peserta penyuluhan agar tidak pernah jemu meningkatkan pemahaman masyarakat akan hal ini. Pertama pola pangan yang diawali ketersediaan pangan bergizi sejak dini.

Pemenuhan kebutuhan pangan yang bergizi juga harus dibarengi dengan memanfaatkan pekarangan yang ada dengan bercocok tanam dengan jenis pertanian.

SEMANGAT MINUM SUSU - Anak anak TK minum semangat susu, makan daging dan telur mengandung protein hewani mencegah Stunting  menyambut HUT ke 62 Provinsi Kaltim di Kantor Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan di jalan Bhayangkara Kota Samarinda, Senin(7/1/2019).
SEMANGAT MINUM SUSU - Anak anak TK minum semangat susu, makan daging dan telur mengandung protein hewani mencegah Stunting menyambut HUT ke 62 Provinsi Kaltim di Kantor Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan di jalan Bhayangkara Kota Samarinda, Senin(7/1/2019). (TRIBUNKALTIM.CO /NEVRIANTO HARDI PRASETYO)

Bahkan mengembangkan budidaya hewan piaraan, baik ikan, unggas, sapi, kambing dan lainnya sebagai sumber protein hewani.

Kedua dengan memberikan pemahaman kepada para keluarga agar inovatif dan kreatif mengolah pangan keluarga menjadi makanan bergizi tinggi, penuhi asupan tubuh dengan seluruh sumber gizi yang mendukung pertumbuhan anak-anak kita dengan maksimal.

"Asuhlah anak dengan penuh perhatian, kasih sayang, pendidikan yang baik serta dampingi dan dukung tumbuh kembang anak agar optimal," ujar Yayuk.

2.000 Tahun Lebih Tak Berkarat, Peneliti Akhirya Ungkap Rahasia Senjata Pasukan Terakota China

Kampanye di Cirebon, Lihat Aksi Iriana Selamatkan Anak yang Kepanasan, Begini Reaksi Jokowi

Ketiga, melalui sanitasi air dan akses air bersih berikan pemahaman kepada anak sejak dini pentingnya menjaga kebersihan mulai dari hal kecil.

"Biasakan mencuci tangan sebelum makan, konsumsilah air bersih, perhatikan sumber mata air yang menjadi kebutuhan keluarga masaklah terlebih dahulu air minum keluarga," jelasnya.

Ia juga mengimbau kepada para Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan agar lebih peka dan kontributif, sehingga apa yang digaungkan dan dilaksanakan di kabupaten juga ditindaklanjuti secara nyata.

"Mari cermati setiap gerak langkah dari masing masing unit kerja. Sebagai ketua, saudara sebagai pimpinan unit maka lakukan dengan sungguh peran saudara sekalian untuk membimbing, mendampingi, memberi masukan, arahan agar Tim Penggerak PKK ini benar-benar dapat memberikan dedikasinya yang terbaik bagi keluarga dan pembangunan daerah," imbuhnya.

Ketua Panitia Penyelenggara Sumiati dalam laporannya menyampaikan terima kasih atas dukungan seluruh pihak yang menyukseskan agenda ini.

"Pemenang lomba ini akan mewakili Kabupaten Kubar pada HKG mendatang. Mari terus kita dukung bersama, " ujarnya.

Cerai dari Sultan Brunei Hassanal Bolkiah, Istri Ketiga Dapat Pesangon Perusahaan Telekomunikasi

Inilah daftar pemenang lomba penyuluhan stunting tingkat Kabupaten Kutai Barat:
1. Rahel Suharti (Nyuatan)
2. Iva Yanti (Muara Lawa)
3. Mema Astarina (Barong Tongkok)
4. Sefta Agape (Damai)
5. Yunita Ari (Bongan)
6. Rupina Rini (Mook Manaar Bulant) (*)

Editor: Sumarsono
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved