Pilpres 2019

Survei Puskaptis Menangkan Prabowo-Sandiaga 47,5 Persen, Begini Tanggapan Ma'ruf Amin

Cawapres nomor urut 01 Ma'ruf Amin menyatakan lebih mempercayai hasil survei mayoritas yang menyatakan pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin unggul dari pa

Survei Puskaptis Menangkan Prabowo-Sandiaga 47,5 Persen, Begini Tanggapan Ma'ruf Amin
KOMPAS.com/JESSI CARINA
Survei Puskaptis Menangkan Prabowo-Sandiaga 47,5 Persen, Begini Tanggapan Ma'ruf Amin 

TRIBUNKALTIM.CO, JAKARTA - Cawapres nomor urut 01 Ma'ruf Amin menyatakan lebih mempercayai hasil survei mayoritas yang menyatakan pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin unggul dari pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Hal itu disampaikan Ma'ruf Amin menanggapi hasil survei Pusat Kajian Kebijakan dan Pembangunan Strategis (Puskaptis) yang menyatakan elektabilitas Prabowo Subianto-Sandiaga Uno sebesar 47,5 persen sedangkan Jokowi-Ma'ruf 45,37 persen dan yang tidak menjawab 7,04 persen.

"Ya itu boleh saja. Tapi kan kalau survei itu kita lihat kebanyakan lembaga survei seperti apa. Kalau ada satu dua berbeda itu kan menyalahi pandangan umum," kata Maruf Amin saat ditemui di Istora Senayan, Jakarta, Senin (8/4/2019).

Ia mengatakan survei mayoritas yang hasilnya senada semestinya yang dijadikan pedoman, bukan survei yang justru berbeda sendiri.

Namun demikian, Ma'ruf Amin mengatakan ia tak terpengaruh dengan hasil survei manapun, termasuk yang menyebut pasangan Jokowi-Ma'ruf unggul.

BPN Ungkap Survei Internal, Elektabilitas Prabowo-Sandiaga 62 Persen, Jokowi-Maruf 38 Persen

Mengejutkan, Survei Terbaru Berbeda Jauh, Indodata Menangkan Jokowi Puskaptis Unggulkan Prabowo

Survei Terbaru, Pemilih Perempuan Lebih Banyak ke Jokowi Ketimbang Prabowo, Selisihnya Kian Jauh

Prabowo Ingin Menang Selisih Suara 25 Persen, Maruf Amin: Gede Banget Itu, Berkacalah pada Survei

Ma'ruf Amin mengatakan yang terpenting saat ini ia terus berupaya meningkatkan elektabilitas.

"Sekali lagi, kami tidak terpengaruh oleh survei-survei. Walaupun banyak survei yang unggulkan Pak Jokowi dengan saya, tapi kami tetap saja tidak menjadi andalan (pedoman). Kami akan berusaha untuk memenangkan pilpres ini," lanjut dia.

Diketahui, Puskaptis menggelar survei pada 26 Maret sampai 2 April 2019.

Survei tersebut melibatkan 2.100 responden.

Metode yang dipakai ialah random sampling dengan margin of eror sebesar 2,4 persen dan dengan tingkat kepercayaan 95 persen. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ada Survei yang Menangkan Prabowo-Sandi, Ini Tanggapan Ma'ruf Amin", https://nasional.kompas.com/read/2019/04/08/21165121/ada-survei-yang-menangkan-prabowo-sandi-ini-tanggapan-maruf-amin.
Penulis : Rakhmat Nur Hakim
Editor : Sabrina Asril

Halaman
1234
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved