Soal Pemilihan dan Penghitungan Suara Pemilu 2019 di Luar Negeri, Ini Penjelasan KPU

“Kegiatan penghitungan suara pemilu di luar negeri dilaksanakan pada tanggal 17 April 2019 sesuai waktu setempat,” ucapnya.

TRIBUN KALTIM/BUDHI HARTONO
Rudiansyah, Ketua KPU Kaltim 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA – Ketua KPU Kaltim, Rudiansyah berikan penjelasan terkait proses pemilihan untuk Pemilu 2019 yang digelar di luar negeri.

Penjelasan juga dikarenakan munculnya kabar tentang perolehan suara pemilu di luar negeri.

Disampaikannya, penjelasan juga ditembuskan kepada KPU oleh Anggota KPU pusat, Hasyim Asy’ari.

“Kegiatan pemungutan suara Pemilu 2019 di Luar Negeri dilaksanakan sebagaimana jadwal dalam SK KPU No 644/2019 yaitu early voting pada tanggal 8-14 April 2019,” ucapnya Rabu (10/4/2019).

VIDEO - Warga Padati Kantor KPU Balikpapan untuk Pengurusan Formulir A5

Hari Terakhir Pengurusan Formulir A5, Warga Padati Kantor KPU Balikpapan

BREAKING NEWS - Rusdiana Buronan Kasus RPU Balikpapan Ditangkap Polisi di Sultra

Terkait kegiatan pemungutan suara di luar negeri dilaksanakan dengan 3 metode yakni memilih di TPSLN yang berada di kantor perwakilan RI (KBRI/KJRI/KDEI), kemudian memilih dengan Kotak Suara Keliling (KSK) yang bertempat di dekat pemukiman atau tempat kerja WNI; dan terakhir adalah metode pos.

Sementara, untuk penghitungan suara dilakukan tepat pada hari pencobosan, yakni 17 April 2019.

“Kegiatan penghitungan suara pemilu di luar negeri dilaksanakan pada tanggal 17 April 2019 sesuai waktu setempat,” ucapnya.

Info Lengkap Kasus Audrey - Kronologi hingga Link Petisi #JusticeForAudrey

Update Kasus Audrey - Ini Lokasi Kasus Dugaan Pengeroyokan Siswi SMP Audrey oleh Siswi SMA

Jualan Sabu di Rumah, IRT di Kelurahan Mugirejo Samarinda Diciduk Kepolisian

Berdasarkan hal di atas, dilanjutkan Rudiansyah, hasil penghitungan perolehan suara pemilu luar negeri  yang dilakukan PPLN dan KPPSLN baru dapat diketahui setelah proses penghitungan suara 17 April 2019 selesai.

“Hasil perolehan suara pemilu LN (real count) baru dapat diketahui setelah proses penghitungan suara 17 April 2019 selesai. 3. Bila sekarang ini beredar kabar tentang perolehan suara pemilu LN, dapat dipastikan hasil tersebut bukan hasil resmi (real count) yang dilakukan oleh PPLN dan KPPSLN,” jelasnya.

Ketua KPU Kaltim, Rudiansyah
Ketua KPU Kaltim, Rudiansyah (Tribunkaltim.co/ Anjas Pratama)

Hingga saat ini, disampaikan pihak KPU, pemungutan suara di luar negeri yang telah dan sedang berjalan adalah untuk beberapa tempat.

“Pada Senin 8 April 2019 di Sana'a, kemudian Selasa 9 April 2019 di Panama City dan Quito, serta Rabu 10 April 2019 di Bangkok dan Songkhla. Selain jadwal ini, kegiatan pemungutan suara di luar negeri belum dilaksanakan,” ucapnya.

Rudiasnyah juga sampaikan bahwa kabar tentang perolehan suara pemilu di luar negeri yang beredar luas di masyarakat adalah kabar yang tidak dapat dipertanggungjawabkan. (*) 

Penulis: Anjas Pratama
Editor: Anjas Pratama
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved