Pilpres 2019

KPU dan Bawaslu Terbangkan Tim Telusuri Kasus Surat Suara Tercoblos di Malaysia

Arief meminta kepada publik agar jangan menuding tindakan yang dilakukan oleh dua lembaga tersebut adalah hal berlebih.

Tribunnews.com/Danang Triatmojo
Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI bersama Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI akan secara bersama-sama menerbangkan anggotanya ke Kuala Lumpur, Malaysia untuk mengecek langsung polemik surat suara tercoblos yang ramai menjadi perbincangan publik. 

TRIBUNKALTIM.CO - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI bersama Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI akan secara bersama-sama menerbangkan anggotanya ke Kuala Lumpur, Malaysia untuk mengecek langsung polemik surat suara tercoblos yang ramai menjadi perbincangan publik.

"Dalam waktu yang tidak terlalu lama KPU RI dan Bawaslu RI memutuskan akan ada tim atau personil yang diberangkatkan dari Jakarta untuk melihat langsung ke sana," kata Ketua KPU RI Arief Budiman dalam konferensi pers di Media Center Bawaslu RI, Jakarta Pusat, Kamis (11/4/2019).

Arief meminta kepada publik agar jangan menuding tindakan yang dilakukan oleh dua lembaga tersebut adalah hal berlebih.

 

Beredar sejumlah video penggerebekan yang menunjukkan ratusan kantong berwarna hitam berisi surat suara Pemilu 2019 yang sudah tercoblos.
Beredar sejumlah video penggerebekan yang menunjukkan ratusan kantong berwarna hitam berisi surat suara Pemilu 2019 yang sudah tercoblos. (Tribunnews/Istimewa)

Sebab di dalam negeri KPU dan Bawaslu juga cepat tanggap terhadap kasus apapun.

Kedua lembaga ini juga merasa kasus tersebut merupakan hal sensitif karena menyangkut penentuan Pemilu 2019 dan melibatkan dua negara yang saling bertetangga.

"Karena ini menyangkut beberapa hal yang bisa sangat sensitif, karena berada di negara lain maka kami melakukan pengecekan dengan sangat hati-hati," ujar dia.

Lebih lanjut Arief menjelaskan mengapa harus mengirimkan personil ke Malaysia.

Petugas panwas dan relawan saat melakukan penggerebekan surat suara yang diduga sudah tercoblos di kawasan Selangor, Malaysia, Kamis (11/4/2019).
Petugas panwas dan relawan saat melakukan penggerebekan surat suara yang diduga sudah tercoblos di kawasan Selangor, Malaysia, Kamis (11/4/2019). (ISTIMEWA)

Lantaran mereka mau mengklarifikasi terhadap sejumlah persoalan seperti lokasi, pemilik lokasi, jumlah surat suara, apakah surat suara itu resmi dikeluarkan oleh KPU, siapa yang pertama kali menemukan, siapa pihak perekam video, serta siapa pihak pelapor ke Panitia Pengawas.

"Jadi mohon tidak mengambil kesimpulan sendiri-sendiri, tidak kemudian berpolemik," pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul KPU dan Bawaslu Terbangkan Tim Telusuri Kasus di Malaysia, http://www.tribunnews.com/nasional/2019/04/11/kpu-dan-bawaslu-terbangkan-tim-telusuri-kasus-di-malaysia.

Baca juga:

CEK FAKTA - Soal Temuan Surat Suara Dicoblos di Malaysia, Ini Kata KPU, Bawaslu, dan Polisi

Viral Kapal Maritim Malaysia Kejar Kapal RI, 3 Helikopter Ikut Mengitari KP Hiu; Ini Penjelasan KKP

2 Tahun Berlalu, Novel Baswedan: Kapolri Tak Sungguh-sungguh Mengungkap Kasus yang Saya Alami

Ivan Kolev Minta Marko Simic Persiapkan Fisik sebelum Gabung ke Skuat Persija Jakarta

Pelatih Baru Borneo FC Bakal Datang Pekan Depan, Manajer: Kepastian Diumumkan Presiden Klub

Follow Instagram 

Like Fanspage Facebook

Follow Twitter

Subscribe Official YouTube Channel

Editor: Kholish Chered
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved