Sejarah Baru Tercipta! Foto Pertama Black Hole Berhasil Diabadikan, Begini Penampakannya

Sejarah baru telah tercipta, para ilmuwan dan peneliti luar angkasa telah berhasil mengabadikan foto pertama dari black hole atau lubang hitam.

Sejarah Baru Tercipta! Foto Pertama Black Hole Berhasil Diabadikan, Begini Penampakannya
abcnews.go.com
Sejarah baru telah tercipta, para ilmuwan dan peneliti luar angkasa telah berhasil mengabadikan foto pertama dari black hole atau lubang hitam. 

TRIBUNKALTIM.COSejarah baru telah tercipta, para ilmuwan dan peneliti luar angkasa telah berhasil mengabadikan foto pertama dari black hole atau lubang hitam.

Sebelum hal ini terjadi, para ilmuwan dan peneliti hanya menggunakan ilustrasi dari teori-teori mereka terkait black hole. Kini, mereka dan kita sudah tau rupa dari black hole seperti apa.

Dikutip Tribunjogja.com dari ABC News, Direktur Event Horizon Telescope (EHT), Shep Doeleman memperlihatkan foto lubang hitam atau black holeuntuk kali pertama dalam konferensi pers yang diselenggarakan di Washington, D.C. pada Rabu (10/4/2019).

"Kita telah melihat, apa yang kita pikir tidak bisa kita lihat. Kita telah melihat dan memotret lubang hitam ( black hole ) ," ungkapnya dalam acara tersebut.

Dalam unggahan resmi di Twitter EHT, dijelaskan jika para ilmuwan telah berhasil mendapatkan foto pertama black hole / lubang hitam menggunakan EHT pengamatan pusat galaksi M87.

Gambar lubang hitam atau black hole di atas menunjukkan cincin terang yang berbentuk lengkungan cahaya di dalam gravitasi yang kuat di sekitarnya.

Lubang hitam tersebut berukuran 6.5 miliar kali lebih besar dari matahari.

 

Melalui Twitter mereka, EC menyampaikan, "Gambar #RealBlackHole adalah hasil kolaborasi Event Horizon Telescope yang berskala besar, di mana para peneliti yang didanai oleh Uni Eropa terut berperan penting (di dalamnya)."

Event Horizon Telescope adalah kolaborasi internasional yang bertujuan untuk mengabadikan gambar pertama dari lubang hitam atau black hole dengan menciptakan teleskop virtual seukuran bumi.

Dari 11 observatorium yang direncanakan untuk diperlihatkan, delapan di antaranya berpartisipasi dalam pengamatan lubang hitam sejak tahun 2017.

Tak hanya di Washington, proyek jaringan global ini juga melakukan konferensi pers untuk memaparkan penelitian di beberapa kota di dunia, yaitu :

Halaman
12
Editor: Doan Pardede
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved