Pemilu 2019

Soal Hoax Penghitungan Suara di Luar Negeri, KPU akan Lapor ke Cybercrime Mabes Polri

Komisioner Komisi Pemilihan Umum atau KPU ungkap melaporkan hoax penghitungan suara pemilu 2019 di media sosial. KPU lapor ke Cybercrime Mabes Polri.

Soal Hoax Penghitungan Suara di Luar Negeri, KPU akan Lapor ke Cybercrime Mabes Polri
TRIBUN KALTIM/MUHAMMAD ARFAN
ILUSTRASI - Suasana simulasi pemungutan suara di TPS yang digelar KPU Kalimantan Utara di Gedung Wanita Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan, Kamis (4/4/2019). 

TRIBUNKALTIM.CO, JAKARTA - Komisioner Komisi Pemilihan Umum atau KPU, Viryan Aziz mengatakan, pihaknya bakal melaporkan hoax atau berita bohong terkait penghitungan suara pemilu 2019 di sejumlah negara yang tersebar lewat broadcast, pada beberapa waktu lalu.

Hal itu ia sampaikan, saat menghadiri diskusi di hotel kawasan Gelora, Jakarta, pada Jumat (12/4/2019).

Ia mengatakan, KPU bakal melaporkannya kepada Cybercrime Mabes Polri pada hari ini.

"Insya Allah hari ini kami akan laporkan kembali ke Cybercrime Mabes Polri. Sederhana saja, hasil pemilu itu baru diketahui setiap surat suara di TPS LN atau di luar negeri itu pada tanggal 17 april," ujar dia.

Viryan menegaskan, sesuai aturan pemungutan suara pemilu 2019 di luar negeri dilakukan pada 8 sampai 14 April, dan semua perhitungan suara dilakukan pada 17 April 2019, baik di dalam maupun di luar negeri.

ILUSTRASI FOTO LOGO KPU - Berikut pengumuman 10 besar calon anggota KPU Balikpapan, Kabupaten Paser, PPU, Kubar dan Mahulu.
ILUSTRASI FOTO LOGO KPU - Komisioner Komisi Pemilihan Umum atau KPU menyatakan akan melaporkan hoax penghitungan suara pemilu 2019 di luar negeri. KPU akan lapor ke Cybercrime Mabes Polri.

"KPU mengambil kebijakan melakukan early voting, pemungutan suara awal di luar negeri tanggal 8 hingga 14 April. Namun penghitungan suaranya baru tanggal 17 april, sehingga bisa dipastikan itu hoax pemilu," ungkap dia.

"Disebutkan di negara-negara tertentu perolehan suaranya sekian persen, sekian persen, itu sepenuhnya tak benar. Insya allah hari ini akan kami laporkan ke cyber crime mabes polri," lanjut Viryan.

Diketahui terdapat perbedaan metode dan waktu pencoblosan di dalam dan di luar negeri.

Di luar negeri ada 3 metode pencoblosan yaitu Pos, Kotak Suara Keliling (KSK) dan TPS.

Untuk metode KSK dilakukan mulai tanggal 8-14 April.

ILUSTRASI - Suasana lingkungan TPS saat simulasi pemungutan suara oleh KPU Kalimantan Utara di Gedung Wanita Bulungan, Kamis (4/4/2019) lalu.
ILUSTRASI - Suasana lingkungan TPS saat simulasi pemungutan suara oleh KPU Kalimantan Utara di Gedung Wanita Bulungan, Kamis (4/4/2019) lalu. (Tribunkaltim.co/ M.Arfan)
Halaman
1234
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved