Sebagian Besar Logistik Pemilu di Kubu Raya Kalbar Sudah di Kecamatan, 95 Kotak Suara Lewat Sungai

"Jarak tempuhnya selama satu jam perjalanan lewat jalur sungai," kata Kapolsek Kakap, Antonius Pardamean

Sebagian Besar Logistik Pemilu di Kubu Raya Kalbar Sudah di Kecamatan, 95 Kotak Suara Lewat Sungai
(KOMPAS.com/HENDRA CIPTA )
Seorang personel kepolisian memasukkan kotak suara ke speedboat untuk dikirim ke Desa Tanjung Saleh, Kakap, Kubu Raya, Kalimantan Barat, Selasa (16/4/2019). 

TRIBUNKALTIM.CO, KUBU RAYA - Pengiriman logistik pemilu ke sejumlah daerah di pedalaman Kalimantan membutuhak waktu dan tenaga ekstra untuk sampai di tempat tujuan.

Khusus di Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat, pengiriman logistik ke beberapa lokasi harus dilakukan lewat sungai, karena ketiadaan akases darat yang memadai.

Sebanyak 95 kotak surat suara untuk 19 tempat pemungutan suara (TPS) didistribusikan ke Desa Tanjung Saleh, Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, melalui jalur sungai, Selasa (16/4/2019). Pendistribusian dikawal aparat kepolisian, TNI, dan penyelenggara pemilu setempat dengan menggunakan tiga buah speedboat.

"Jarak tempuhnya selama satu jam perjalanan lewat jalur sungai," kata Kapolsek Kakap, Antonius Pardamean, di Dermaga Kakap, Kubu Raya, Kalimantan Barat, Selasa (16/4/2019).

Menurut dia, sejauh ini, tidak ada kendala dalam distribusi logistik pemilu. Hanya saja, masih ada 12 kotak suara yang menunggu dikirim, karena kekurangan formulir C1.

Sebagai antisipasi, kepolisian menutupi kotak suara dengan plastik berlapis. Sejumlah anggota kepolisian yang telah ditugaskan juga turut mendampingi penyelenggara pemilu tingkat desa sampai di TPS. "Jika tidak ada halangan. Sore ini logistik pemilu sudah tiba di tiap TPS di Tanjung Saleh," ucap dia.

Sementara itu, Kapolda Kalbar Irjen Pol Didi Haryono menambahkan, saat ini, sebagian besar distribusi logistik pemilu di 16.449 TPS di Kalbar, telah tiba di kecamatan. "Bahkan, sebagian lagi sudah di terima di tiap desa," kata Didi, saat meninjau distribusi logistik pemilu di Dermaga Kakap, Kubu Raya, Kalimantan Barat.

Menurut dia, kepolisian bekerja sama dengan TNI untuk memastikan kelancaran pengiriman ke pelosok daerah. "Kami sudah ploting personel-personel terbaik yang paham demografis daerah untuk mengawal distribusi logistik," ucap dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "95 Kotak Suara di Kubu Raya Dikirim Lewat Jalur Sungai " 

Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved