Huni Perbatasan, Warga Sebatik Gunakan Dua Mata Uang; Mayoritas Sembako Didatangkan dari Malaysia

Diakuinya, di Pulau Sebatik, warga kasih menggunakan Ringgit dan Rupiah sebagai mata uang sah untuk kegiatan transaksi jual-beli.

Huni Perbatasan, Warga Sebatik Gunakan Dua Mata Uang; Mayoritas Sembako Didatangkan dari Malaysia
Niko Ruru
ARSIP TRIBUN KALTIM - Sejumlah murid sekolah dasar di Desa Aji Kuning, Kecamatan Sebatik Tengah berjalan kaki menuju ke sekolah 

Laporan Wartawan Tribun Kaltim, Aris Joni

TRIBUNKALTIM.CO, SEBATIK - Selain terdapat sebuah rumah unik yang berada di dua negara, yakni rumah perbatasan yang ruang tamunya berada di Indonesia dan dapurnya berada di wilayah Malaysia, ternyata, di Pulau Sebatik yang merupakan wilayah perbatasan langsung negeri Jiran itu, warganya masih menggunakan dua mata uang untuk kegiatan transaksi jual-beli.

Hal itu diungkapkan Ambon Ala (56), salah seorang warga yang berada tepat di patok 3 tapal batas RI-Malaysia di Desa Aji Kuning Kecamatan Sebatik Tengah Kabupaten Nunukan Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara).

Dikatakan Ambo, dirinya pertama kali menginjakkan kaki di Pulau Sebatik ini sekitar tahun 1970-an. Dirinya berasal dari Sulawesi Selatan (Sulsel).

Diakuinya, di Pulau Sebatik, warga kasih menggunakan Ringgit dan Rupiah sebagai mata uang sah untuk kegiatan transaksi jual-beli.

Bahkan, produk-produk bahan pokok di pulau sebatik merupakan produk dari Malaysia.

"Iya, laku dua-duanya baik rupiah maupun Ringgit. Barangnya juga disini kebanyakan barang dari Malaysia," ujarnya.

Ia menjelaskan, di pulau sebatik dominan warganya berkebun dan mayoritas perantau dari Sulawesi.

"Mayoritas dari Sulawesi, sisanya campuran," ungkapnya.

Sementara itu, ucap Ambo, untuk membeli kebutuhan pokok dan barang dagangan, warga harus pergi ke Tawau Malaysia dengan menggunakan perahu selama 20 menit.

Halaman
1234
Penulis: Aris Joni
Editor: Kholish Chered
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved