Mau Sukses? Mulailah Bisnis Sebelum Usia 30 Tahun. Ini Alasannya

Tak punya modal dan bakat menjadi wiraswasta, bukan jadi ada alasan untuk tidak mencoba memulai bisnis di usia muda.

Mau Sukses? Mulailah Bisnis Sebelum Usia 30 Tahun. Ini Alasannya
THINKSTOCKPHOTOS VIA KOMPAS.COM
Ilustrasi 

TRIBUKALTIM.CO, JAKARTA - Bagi generasi milenial kekinian, merintis usaha sejak muda jadi salah satu tren. Bergerak di bidang wiraswasta jadi keinginan banyak anak muda saat ini dibanding harus menjadi pekerja kantoran.

Namun, memutuskan untuk menjadi wiraswasta mungkin bukan keputusan yang populer bagi sebagian orang lainnya.

Alasannya bisa beragam. Tak punya modal, tak memiliki bakat menjadi wiraswasta, tak punya ide bisnis, risiko gagal yang tinggi merupakan beberapa alasan orangtua melarang anaknya untuk berbisnis.

Atas dasar itu, para orangtua lebih menyarankan anaknya bekerja sebagai karyawan di sebuah perusahaan yang bisa menjamin hidup sampai hari tua.

Iving (Firman Syarifuddin), pemilik merek dagang Creight dari Samarinda, saat tampil dalam seminar wirausaha di depan para mahasiswa IESP Fekon Unmul Samarinda, Rabu (4/5/2016)
Iving (Firman Syarifuddin), pemilik merek dagang Creight dari Samarinda, saat tampil dalam seminar wirausaha di depan para mahasiswa IESP Fekon Unmul Samarinda, Rabu (4/5/2016) (TRIBUNKALTIM/ACHMAD BINTORO)

Namun berdasarkan studi di Duke University, Founder Institute, dan Northwestern, rata-rata sebagian wirausahawan berusia 40 tahun saat pertama kali meluncurkan bisnisnya, dan usia rata-rata pemimpin startup yang sukses adalah 45 tahun.

Bahkan, mayoritas pengusaha yang sukses tidak memiliki orangtua pebisnis atau telah mengenal seluk-beluk wirausaha sejak usia dini.

Berikut, ada lima alasan terbaik mengapa Anda harus memulai bisnis dari usia di bawah 30 tahun:

1. Anda tidak akan rugi apa-apa

Momen terbaik untuk mengambil risiko dalam hidup adalah ketika Anda tidak takut kehilangan apa pun dan banyak hal untuk dimenangkan.

Saat Anda masih mempelajari atau pada tahun-tahun pertama karir profesional Anda, Anda tidak memiliki tabungan, reputasi, merek, atau nama baik yang akan rusak.

Halaman
1234
Editor: Rita
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved