TRIBUN WIKI

TRIBUN WIKI - Begini Kriteria Pemungutan Suara Ulang Bisa Dilaksanakan

Bebeberapa TPS di Kalimantan Utara berdasarkan hasil monitoring Bawaslu Kalimantan Utara berpotensi dilakukan pemungutan suara ulang.

TRIBUN WIKI - Begini Kriteria Pemungutan Suara Ulang Bisa Dilaksanakan
TRIBUN KALTIM/ Muhammad Arfan
Situasi perhitungan suara di salah satu TPS di Tanjung Selor, Rabu (17/4/2019) malam. 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Potensi pemungutan suara ulang terjadi di berbagai daerah di Tanah Air. Bebeberapa TPS di Kalimantan Utara berdasarkan hasil monitoring Bawaslu Kalimantan Utara berpotensi dilakukan pemungutan suara ulang.

"Ada satu potensi pemungutan suara ulang sedang didalami teman-teman.

Itu kemarin surat suara tertukar dan sudah terlanjur tercoblos di Tarakan," kata Siti saat disua di bandara Tanjung Harapan, Tanjung Selor, Kamis (18/4/2019).

Lantas bagaimana kriteria pemungutan suara ulang berdasarkan peraturan perundang-undangan?

Berdasarkan Pasal 65 ayat (1) PKPU Nomor 3 Tahun 2019 tentang Pemungutan dan Penghitungan Suara dalam Pemilu, PSU di TPS dapat diulang apabila terjadi bencana alam/atau kerusuhan yang mengakibatkan hasil pemungutan suara tidak dapat digunakan atau penghitungan suara tidak dapat dilakukan.

Pada ayat (2), PSU juga wajib apabila dari hasil penelitian dan pemeriksaan Pengawas TPS terbukti terdapat keadaan pembukaan surat suara dan atau berkas pemungutan suara dan penghitungan suara tidak dilakukan menurut tata cara yang ditetapkan dalam ketentuan peraturan perundang-undangan.

Kedua, keadaan di mana petugas KPPS meminta pemilih memberikan tanda khusus, menandatangani, atau menuliskan nama atau, alamat pada surat suara yang sudah digunakan.

Salah satu aktivitas pemungutan suara di salah satu TPS di Tanjung Selor, Bulungan, Rabu (17/4/2019).
Salah satu aktivitas pemungutan suara di salah satu TPS di Tanjung Selor, Bulungan, Rabu (17/4/2019). (TRIBUN KALTIM/ Muhammad Arfan)

Selanjutnya, keadaan petugas KPPS merusak lebih dari satu surat suara yang sudah digunakan oleh pemilih sehingga surat suara tersebut menjadi tidak sah; dan atau pemilih yang tidak memiliki KTP-El dan tidak terdaftar di DPT dan DPTb.

Berikut rangkaian pengusulan PSU berdasarkan Pasal 66 PKPU Nomor 3 Tahun 2019 tentang Pemungutan dan Penghitungan Suara dalam Pemilu:

(1) Pemungutan suara ulang diusulkan oleh KPPS dengan menyebutkan keadaan yang menyebabkan diadakannya pemungutan suara ulang;

Halaman
12
Penulis: Muhammad Arfan
Editor: Rita
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved