Pileg 2019

10 Artis yang Jadi Caleg Ini Diprediksi Gagal Lolos ke Parlemen, Ada yang Majunya Diam-diam

Selain masyarakat biasa,sederet artis Indonesia juga berpartisipasi di Pileg 2019. Namun, beberapa di antaranya diprediksi gagal lolos ke parlemen

10 Artis yang Jadi Caleg Ini Diprediksi Gagal Lolos ke Parlemen, Ada yang Majunya Diam-diam
Kolase Instagram
Daftar 10 artis yang maju di Pileg 2019 diprediksi gagal duduk di parlemen karena partai yang mengusungnya tidak memenuhi ambang batas perlemen. 

TRIBUNKALTIM.CO - Pemungutan suara serentak untuk memilih Presiden, DPR RI, DPRD provinsi, DPRD kabupaten/kota dan DPD RI telah dilaksanakan, Rabu (17/4/2019).

Rakyat Indonesia telah menyalurkan pilihannya di masing-masing Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Sampai saat ini, KPU masih merekap hasil penghitungan suara yang dilakukan di seluruh wilayah Indonesia, termasuk luar negeri.

Meskipun hasil penghitungan suara resmi dari KPU belum ada, sejumlah lembaga survei sudah merilis hasil hitung cepat atau quick count.

Litbang Kompas dalam survei terbarunya memprediksi hanya enam partai politik yang bakal lolos ke parlemen dalam Pileg 2019.

Sementara sepuluh parpol lain yang menjadi peserta pemilu diperkirakan gagal mencapai ambang batas parlemen sebesar 4 persen.

Hal itu berdasarkan hasil survei Litbang Kompas yang dilakukan pada 22 Februari hingga 5 Maret 2019 terhadap 2.000 responden.

Dalam survei itu, partai pertama yang lolos ke parlemen, yakni PDIP dengan 26.9 persen suara.

Persentase itu menurun dibandingkan dengan hasil survei serupa pada Oktober 2018 yang menyebut elektabilitas PDIP sebasar 29,9 persen. Pada Pileg 2014, PDIP diketahui mengantongi 18,9 persen suara.

Partai kedua yang dipastikan lolos, yakni Gerindra dengan elektabilitas sebesar 17 persen. Elektabilitas Gerindra meningkat 1 persen dibandingkan dengan hasil survei pada Oktober 2018. Pada Pileg 2014, Gerindra mengantongi 11,8 persen suara.

Halaman
1234
Penulis: Doan Ebenezer Pardede
Editor: Amalia Husnul Arofiati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved