Hari Kartini

Bontang Telah Wujudkan Cita-cita Ide Perjuangan RA Kartini, Ini yang jadi Tolak Ukurnya

Nah, cita-cita RA Kartini agar perempuan diperlakukan setara dengan laki-laki di Indonesia sudah terwujud di Kota Bontang.

Bontang Telah Wujudkan Cita-cita Ide Perjuangan RA Kartini, Ini yang jadi Tolak Ukurnya
Tribunnews
Wajah RA Kartini. Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Bontang, Hapidah Basri Rase mengatakan bahwa Bontang menjadi potret semangat Kartini sesunguhnya, Minggu (21/4/2019) pagi. 

TRIBUNKALTIM.CO, BONTANG — Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Bontang, Hapidah Basri Rase mengatakan bahwa Bontang menjadi potret semangat Kartini sesunguhnya.

Pasalnya, daerah dengan penduduk 170 ribu ini memiliki walikota pertama seorang perempuan.

Menurut Hapidah, cita-cita RA Kartini agar perempuan diperlakukan setara dengan laki-laki di Indonesia sudah terwujud di Kota Bontang.

Kepala daerah dari golongan perempuan menjadi simbol kesetaraan politik terhadap perempuan di Kota Bontang, Provinsi Kalimantan Timur.

“Contoh di Bontang telah mewujudkan cita-cita RA Kartini dengan pemimpin daerah kita seorang perempuan,”ujar Hapidah saat menyampaikan pidatonya, di Pendopo Rujab Wali Kota Bontang, jalan Awang Long, Kecamatan Bontang Utara, Minggu (21/4/2019).

Lebih lanjut, Hapidah mengatakan RA Kartini mengajak seluruh perempuan di bumi pertiwi untuk melawan penindasan gender.

Wisata pantai di Kota Bontang.
Wisata pantai di Kota Bontang. (HO/HUMAS BPBD Bontang)

Tetapi perempuan harus menyadari kodrat dan menaati adat ketimuran.

Diskriminasi terhadap perempuan tak bisa ditolerir lagi.

Peran perempuan dalam pembangunan bangsa sangat dibutuhkan. Namun, kebebasan yang diberikan harus dipertanggungjawabkan secara bijaksana.

“Ada hal-hal yang menjadi tugas kodrati bagi perempuan, perempuan simbol keindahan, kerahaman dan sopan santun harus tetap dikedepankan,” ujarnya.

Halaman
123
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved