Pemilu 2019

Penajam Paser Utara Mulai Pleno Rekapitulasi Surat Suara, Ditarget Selesai 7 Hari, Begini Prosesnya

Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD), Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Provinsi Kalimantan Timur, penghitugnan surat suara, sudah di 4 Kecamatan.

Penajam Paser Utara Mulai Pleno Rekapitulasi Surat Suara, Ditarget Selesai 7 Hari, Begini Prosesnya
Tribunkaltim.co/Heriani Amir
Polisi mengamankan proses rekapitulasi. Proses rekapitulasi penghitungan surat suara tingkat Kecamatan Penajam, di Kelurahan Sungai Parit, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur pada Sabtu (20/4/2019). 

TRIBUNKALTIM.CO, PENAJAM - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD), Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Provinsi Kalimantan Timur sudah memulai rekapitulasi surat suara sejak Jumat (19/4/2019).

"Hari ini, tahapan rekapitulasi ditingkat PPK sudah mulai berjalan di 4 Kecamatan, yang sebelumnya Kecamatan Penajam dimulai dari kemarin," kata Komisioner KPUD PPU, Tono Sutrisno, Minggu (21/4/2019).

Mudah-mudahan kegiatan ini berjalan dengan lancar dan persoalan yang muncul di TPS bisa diselesaikan di tingkat Kecamatan," ujarnya.

Berdasarkan aturan PKPU No 3 tahun 2019 dan PKPU No 9 tahun 2019 serta PKPU No 4 tahun 2019 tentang rekapitulasi penghitungan surat suara, rekapitulasi dimulai dari surat suara presiden.

"Jelas bahwa tahapan rekapitulasi penghitungan suara itu dilakukan secara berurutan, mulai surat suara presiden dan wakil presiden, DPR RI, DPD, DPR Provinsi dan yang terkahir DPRD Kabupaten/Kota," imbuhnya.

Waktu yang dibutuhkan untuk merekap surat suara, lanjut Tono, bisa mencapai 10 hari.

ILUSTRASI Suasana pemungutan suara di salah satu TPS Kota Bontang, Provinsi Kalimantan Timur, Rabu (17/4/2019). Pada hari ini Sabtu (20/4/2019), KPU Bontang menggelar rekapitulasi hasil Pemilu 2019.
ILUSTRASI Suasana pemungutan suara di salah satu TPS Kota Bontang, Provinsi Kalimantan Timur, Rabu (17/4/2019). Pada hari ini Sabtu (20/4/2019), KPU Bontang menggelar rekapitulasi hasil Pemilu 2019. (TribunKaltim.co/Ichwal Setiawan)

Estimasi di Kecamatan Penajam, karena TPS-nya lebih dari 400 maka waktu yang dibutuhkan 10 hari.

Estimasi dari PPK sendiri diupayakan bisa selesai dalam 7 hari.

"Kemudian, di Waru, Babulu dan Sepaku, karena TPSnya dibawah 400, itu 5 hari."

"Tapi PPK Waru punya estimasi sehari selesai. Mudah-mudahan bisa terwujud," harapnya.

Halaman
1234
Penulis: Heriani AM
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved