Ramailan Expo Nusantara di TMII, Suguhkan Replika Rumah Dahor Heritage Balikpapan, Ini Keseruannya

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) , Pertamina mengirimkan delegasi dengan membawa konsep Museum Dahor Heritage Balikapapan dalam meramaikan acara.

Ramailan Expo Nusantara di TMII, Suguhkan Replika Rumah Dahor Heritage Balikpapan, Ini Keseruannya
Tribunkaltim.co/EdhaSulaiman
Rosalinda Tumbelaka Penggiat Aktif di Rumah Dahor Balikpapan saat memberikan informasi kepada pengunjung di Expo Nusantara. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN – Ikut berpartisipasi dalam Expo nusantara 2019 bertemakan Rumah Budaya Bangsa, sebagai Wujud Bineka Tunggal Ika dalam rangka merayakan HUT Ke- 44 Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Pertamina mengirimkan delegasi dengan membawa konsep Museum Dahor Heritage Balikapapan dalam meramaikan rangkaian pameran museum.

Expo Nusantara 2019 diselenggarakan selama tiga hari mulai 19-21 April 2019 di Gedung Sasana Kriya, TMII.

Acara Expo nusantara dibuka oleh Direktur Utama TMII, Tanribali Lamo didampingi oleh Ketua Pembina Yayasan Harapan Kita, Soehardjo.

Tidak hanya pameran museum, Expo nusantara juga terdiri atas pameran dan instansi pemerintah, kuliner nusantara, dan produk-produk unggulan.

Pengunjung mendatangi Museum Rumah Dahor Heritage dibilangan Jalan Letjen Suprapto
Pengunjung mendatangi Museum Rumah Dahor Heritage dibilangan Jalan Letjen Suprapto (Tribun Kaltim/Budi Susilo)

“Tahun ini kali kedua Rumah Cagar Budaya Dahor mengikuti kegiatan pameran di Taman Mini, kali ini kita ubah sedikit konsep agar pengunjung dapat lebih aktif dan merasakan atmosfer rumah dahor. Konsep booth kami visualisasikan seperti replika Rumah Dahor,” ujar Cecep Supriyatna, selaku Pjs Region Manager Communication & CSR Kalimantan.

Rumah Dahor merupakan rumah peninggalan zaman Belanda yang dulunya dihuni oleh pekerja kilang sejak zaman BPM (Bataafsche Petroleum Matschappij) tahun 1920-an.

11 Juni 2016, Pertamina RU V Balikpapan menjadi pengelola dan penanggung jawab seluruh Rumah Dahor dengan menggandeng komunitas Dahor Heritage untuk merawat dan menjadikan Rumah Cagar Budaya Dahor destinasi wisata Kota Balikpapan.

Berjumlah 9 (sembilan) di jalan Letjend Suprapto, dua rumah aktif digunakan. Satu rumah digunakan oleh Persatuan Wanita Patra untuk perpustakaan dan taman baca anak dan satu rumah lagi digunakan untuk museum mini mengenai sejarah Kota Balikpapan, sejarah rumah, hingga sejarah perusahaan minyak dari zaman Belanda hingga sekarang.

Tanribali dalam kunjungannya ke booth Dahor Heritage Balikpapan mengapresasi keikutsertaan BUMN dalam hal ini Pertamina. “Bagus sekali yang dilakukan oleh Pertamina yaitu menjaga dan melestarikan bagian sejarah kota Balikpapan.”

Sebuah rumah panggung atau Rumah Dahor heritage peninggalan kolonial Hindia Belanda yang berada di bilangan Jalan Lombok, Gunung Dubs, Prapata, Kecamatan Balikpapan Kota, Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur.
Sebuah rumah panggung atau Rumah Dahor heritage peninggalan kolonial Hindia Belanda yang berada di bilangan Jalan Lombok, Gunung Dubs, Prapata, Kecamatan Balikpapan Kota, Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur. (TRIBUNKALTIM/SITI ZUBAIDAH)
Halaman
123
Penulis: Siti Zubaidah
Editor: Amalia Husnul Arofiati
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved