Pilpres 2019

45 Petugas Gugur Selama Pemilu, 31 Orang Petugas KPPS dan 9 Orang Anggota Polri

SETIDAKNYA sebanyak 45 orang petugas meninggal selama pelaksanaan pemilihan legislatif yang dilaksanakan serentak dengan pemilihan presiden 2019.

45 Petugas Gugur Selama Pemilu, 31 Orang Petugas KPPS dan 9 Orang Anggota Polri
HO Humas Polda Kaltim
Upacara pemakaman AKP Suratno, personel Polda Kaltim yang gugur menjalankan tugas pengamanan Pemilu 2019, Kamis (18/4/2019). Personel siaga Polda Kaltim ini meninggal saat berwudhu di masjid. 

TRIBUNKALTIM.CO - SETIDAKNYA sebanyak 45 orang petugas meninggal selama pelaksanaan pemilihan legislatif yang dilaksanakan serentak dengan pemilihan presiden 2019.

Mereka adalah 31 orang petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) serta 9 orang anggota Polri.

Penyebab kematian bermacam-macam, namun umumnya akibat kelelahan dan serangan jantung.

Mereka yang gugur saat menjalankan tugas pemilu/pilpres adalah 12 orang di Jawa Barat, 10 orang di Jata Tengah, 9 orang di Jawa Timur dan 9 orang anggota Polri.

Di Sulawesi Selatan, jumlah penyelenggara pemilu di tingkat KPPS dan PPK yang meninggal dunia sebanyak empat orang.

Masing-masing dua orang meninggal dunia karena sakit types dan dua lainnya karena kecelakaan lalu lintas.

Soerang anggota KPPS di Medan, Sumatera utara juga meninggal dunia diduga karena terkena serangan jantung. Dia adalah Zulkipli Salamuddin (45) alias Zul Tenok, bertugas di TPS 43 Kelurahan Gedung Johor, Kecamatan Medan Johor, Medan.

Tingginya angka meninggal mengurusi pemilu yang waktunya panjang dan sangat melelahkan ini membuat para pihak menginginkan adanya evaluasi.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Jawa Barat Dedi Mulyadi mendesak KPU dan pemerintah segera mengevaluasi penyelenggaraan pilpres dan pileg serentak.

Dedi mengatakan, usulan evaluasi tersebut berangkat dari sejumlah persoalan yang muncul di lapangan saat Pemilu 2019 digelar.

Halaman
1234
Editor: ade mayasanto
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved