Tol Balikpapan-Samarinda Fungsional saat Arus Mudik-Balik Lebaran

Bagi masyarakat Kalimantan Timur yang akan mudik dan balik lebaran 2019 menuju Samarinda maupun Balikpapan akan semakin cepat dan mudah

Tol Balikpapan-Samarinda Fungsional saat Arus Mudik-Balik Lebaran
tribun kaltim/nevrianto hp
Proyek jalan tol Samarinda-Balikpapan

TRIBUNKALTIM.CO, JAKARTA-Bagi masyarakat Kalimantan Timur yang akan mudik dan balik lebaran 2019 menuju Samarinda maupun Balikpapan akan semakin cepat dan mudah. Pasalnya, Badan Pengatur Jalan Tol akan dibuka fungsional atau sementara jalan tol Balikpapan-Samarinda.

Selain jalan tol Balikpapan-Samarinda, jalan tol  Jawa, Sumatera, Sulawesi juga akan dibuka sementara saat arus mudik dan balik lebaran nanti. Jalan  Tol Balikpapan-Samarinda Seksi 1-3 sepanjang 70,5 kilometer.

Kepala Bidang Operasi dan Pemeliharaan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Ranto Parlindungan Rajagukguk menjelaskan, empat pulau yang dimaksud yakni Jawa, Sumatera, Sulawesi dan Kalimantan.

Selain jalan tol yang masih dalam tahap konstruksi, ada juga jalan tol yang kini statusnya siap beroperasi namun belum diresmikan. Jalan tol tersebut juga akan dibuka fungsional nantinya. "Seperti Tol Pandaan-Malang, kemarin sudah kita laik fungsi namun sampai saat ini belum difungsikan secara resmi," ucap Ranto di kantornya, Senin (22/4/2019).

Tol Pandaan-Malang yang akan dibuka fungsional sepanjang 30,6 kilometer mulai dari Seksi I hingga Seksi III. Sementara di Sulawesi, jalan bebas hambatan yang akan dibuka fungsonal yakni Tol Manado-Bitung sepanjang 18 kilometer.

Sedangkan untuk Tol Ujung Pandang Seksi I dan II sepanjang 6,05 kilometer dan Makassar Seksi IV sepanjang 11,6 kilometer kini telah beroperasi. Untuk di Kalimantan, Ranto menambahkan, jalan yang akan dibuka fungsional yakni Tol Balikpapan-Samarinda Seksi 1-3 sepanjang 70,5 kilometer.

"Manado-Bitung ini kan enggak terlalu rame lalu lintasnya sama dengan Balikpapan-Samarinda, opsional saja mungkin difungsikan," ucapnya.  Sementara di Sumatera, ruas yang akan dibuka fungsional antara lain Medan-Binjai Seksi I Tanjung Mulia-Helvetia, Segmen SS Helvetia-Jl Veteran sepanjang 2,8 kilometer, dan Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung sepanjang 189,2 kilometer.

"Untuk Kayuagung-Jakabaring sepemantauan kami beberapa waktu lalu belum (siap dibuka fungsional). Tetapi

 

kami akan cek nanti Mei apakah sudah bisa dibuka fungsional atau belum," kata Kepala BPJT Danang Parikesit. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Lebaran, Jalan Tol di Jawa, Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi 

Halaman
12
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved