Bangun Satu Kantor PLBN di Kaltara Habiskan Rp 222,9 M

Pos Lintas Batas Negara (PLBN) bukan hanya akan menjalankan fungsi custom, immigration, quarantine, dan security namun juga dibangun fasilitas

Bangun Satu Kantor  PLBN di Kaltara Habiskan Rp 222,9 M
TribunKaltim.Co/Muhammad Arfan
Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Kaltara Kementerian PUPR Donny Fitriandi saat menjadi narasumber di 'Respons Kaltara' yang digelar di Kedai 99 Tanjung Selor, Selasa (23/4/2019). 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Pos Lintas Batas Negara (PLBN) bukan  hanya akan menjalankan fungsi custom, immigration, quarantine, dan security, namun melainkan akan dibangun banyak sarana dan prasarana pendukung di dalamnya.

Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Kalimantan Utara, Kementerian PUPR Donny Fitriandi menjelaskan, PLBN akan dilengkapi pasar, rumah dinas pegawai, rumah ibadah, dan terminal sebagai tempat perpindahan antar moda.

"Kami akan fokus ke fisiknya. Jadi PLBN itu juga mencakup sarana pendukung lainnya," sebut Donny dalam 'Respons Kaltara' di Kedai 99 Tanjung Selor, Selasa (23/4/2019).

Pembangunan PLBN Sei Nyamuk Kecamatan Sebatika Utara, Kabupaten Nunukan dan PLBN Long Midang, Kecamatan Krayan, Kabupaten Nunukan akan menelan anggaran setengah triliun rupiah, dan masing-masing PLBN itu akan menghabiskan Rp 222,9 miliar.

"Anggarannya sudah siap dan aaat ini dalam proses lelang. Mudah-mudahan segera ada pemenang," sebutnya.

Kementerian PUPR sebut Donny,  sedang mengupayakan pembebasan lahan untuk PLBN Sei Nyamuk, berkoordinasi dengan Pemkab Nunukan sebagai mediator dengan masyarakat.

Desain dua PLBN dibuat dengan memperhatikan kearifan lokal masyarakat Kalimantan Utara. Topografi wilayah yang berbeda juga akan menjadu ciri khas masing-masing PLBN.

"Akan kita buat sesuai dengan standar bangunan yang baik dan berkualitas. Karena bukan hanya untuk keamanan, tetapi PLBN akan menjalankan juga fungsi pusat perekonomian baru dan pusat pembelajaran," katanya. (*)

Baca Juga

Huni Perbatasan, Warga Sebatik Gunakan Dua Mata Uang; Mayoritas Sembako Didatangkan dari Malaysia

Warga Perbatasan Sebatik Ikut Mencoblos, Lebih Kenal Capres daripada Caleg di Daerah

Empat PLBN Baru akan Dibangun ada di Kaltara, Ini Lokasi dan Anggarannya

PLBN Sei Nyamuk dan PLBN Long Midang Dibangun Tahun Ini

Ini Progres Terbaru Pembangunan Jembatan Tol Balikpapan-PPU, Sudah Ada Penetapan Lokasi Jalannya

Likes dan Follow Fanspage Facebook

Follow Twitter

Follow Instagram



Subscribe official YouTube Channel

 

Penulis: Muhammad Arfan
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved