Dua Hari Berturut-turut Filipina Diguncang Gempa, Hari Ini Berkekuatan 6,4

Gempa kembali mengguncang wilayah Filipina, Selasa (23/4/2019). Sehari sebelumnya, gempa berkekuatan 6,1 mengguncang Kota Castillejo

Dua Hari Berturut-turut Filipina Diguncang Gempa, Hari Ini Berkekuatan 6,4
SHUTTERSTOCK
Ilustrasi gempa 

TRIBUNKALTIM.CO, MANILA- Gempa kembali mengguncang wilayah Filipina, Selasa (23/4/2019). Sehari sebelumnya, gempa berkekuatan 6,1 (semula tercatat 6,3) mengguncang Kota Castillejo sekitar 100 kilometer arah barat laut Manila.

Pada Selasa (23/4/2019), gempa berkekuatan 6,3 melanda wilayah Filipina Selatan, menurut Survei Geologi AS (USGS).

Dilaporkan sudah ada 11 orang tewas akibat gempa pada Senin (22/4/2019), dengan puluhan lainnya dikhawatirkan masih tertimbun di bawah puing-puing bangunan yang runtuh.

USGS mencatat gempa pada Selasa (23/4/2019) melanda kawasan sekitar 13 kilometer arah timur Tutubigan, Pulau Samar, sebuah pulau di tengah timur Filipina, pada kedalaman 54 kilometer.

Sekitar 20-an orang masih dikhawatirkan terkubur di bawah sebuah bangunan bertingkat yang runtuh di dekat Manila, sehari sebelumnya.

Guncangan gempa juga merusak bandara dan memaksa ribuan warga berlari keluar gedung bertingkat yang bergoyang akibat getaran gempa.

Kerusakan terburuk terjadi di Provinsi Pampangan, tempat ditemukannya sebagian besar korban tewas.

Lebih dari 100 orang lainnya juga terluka akibat puing-puing bangunan, demikian disampaikan pihak kepolisian Filipina.

Jumlah korban dikhawatirkan masih akan bertambah, setelah tim penyelamat disebar ke sebagian wilayah pedesaan untuk menilai kerusakan di dusun-dusin terpencil, di mana listrik dan jaringan komunikasi telah terputus.

Pakar seismolog Filipina juga mencatat ada lebih dari 400 gempa susulan yang terjadi sejak gempa awal pada Senin (22/4/2019) petang.

Halaman
12
Editor: Rita
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved