Empat PLBN Baru akan Dibangun ada di Kaltara, Ini Lokasi dan Anggarannya

Pemerintah akan membangun empat unit Pos Lintas Batas Negara (PLBN) di Kalimantan Utara

Empat PLBN Baru akan Dibangun ada di Kaltara, Ini Lokasi dan Anggarannya
TRIBUN KALTIM/ Muhammad Arfan
Kepala Biro Pengelola Perbatasan Setprov Kalimantan Utara Samuel ST Padan menjadi narasumber Respons Kaltara yang digelar di Kedai 99 Tanjung Selor 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Pemerintah akan membangun empat unit Pos Lintas Batas Negara (PLBN) di Kalimantan Utara.

Dua PLBN masing-masing PLBN Sei Nyamuk (Sebatik Utara) dan PLBN Long Midan (Krayan) Kabupaten Nunukan akan dibangun tahun 2019 ini.

Dua PLBN lainnya akan dibangun tahun 2020 yakni PLBN Labang, kecamatan Lumbis Kabupaten Nunukan dan PLBN Long Nawang, Kecamatan Kayan Hulu, Kabupaten Malinau.

Rencana tersebut telah dituangkan pemerintah dalam Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan 11 PLBN Terpadundan Sarana Prasarana Penunjang Kawasan Perbatasan.

Tahapan pembangunan PLBN Sei Nyamuk dan PLBN Long Midan dalam proses pelalangan.

Masing-masing PLBN akan menghabiskan anggaran APBN sebanyak Rp 222,9 miliar.

"Menurut informasi dari kementerian PUPR, proses lelangnya agak rumit. Sebetulnya harus selesai lelang tahun lalu. Dan karena ada agenda nasional seperti Pemilu 2019," kata Kepala Biro Pengelola Perbatasan Setprov Kalimantan Utara Samuel ST Padan dalam 'Respons Kaltara' di Kedai 99 Tanjung Selor, Selasa (23/4/2019).

PLBN Sei Nyamuk dibangun tepat di tepi pantai perbatasan Sebatik, Indonesia dengan Tawau, Malaysia. Lahan yang diperlukan untuk membangun PLBN ini seluas 6,5 hektare. Lahan yang telah disiapkan pemerintah baru 2,3 hektare.

"Ada 4,2 hektare yang masih perlu dibebaskan," ujarnya.

Adapun PLBN Long Midang di Kecamatan Krayan, luas lahan yang tersedia mencapai 17,22 hektare. Lahan tersebut berasal dari hibah masyarakat.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Arfan
Editor: Rita
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved