Fakta Riset - Peneliti Ungkap Kecenderungan Orang yang Terbiasa Bangun Pagi Lebih Mudah Kurus

Sebuah penelitian dari University of Toronto menemukan bahwa orang yang bangun pagi memiliki peluang untuk lebih bahagia dan energik sepanjang hari.

Fakta Riset - Peneliti Ungkap Kecenderungan Orang yang Terbiasa Bangun Pagi Lebih Mudah Kurus
fizkes
Ilustrasi bangun pagi 

TRIBUNKALTIM.CO - Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Obesity mengungkapkan orang yang bangun lebih pagi memiliki kecenderungan lebih mudah kurus karena memiliki pola makan yang baik.

Sementara pada orang yang memiliki jam tidur kurang baik, akan mengonsumsi lebih banyak kalori, gula dan lemak jenuh daripada orang yang bangun lebih pagi.

Penelitian ini juga melihat perbedaan pola makan lainnya.

Orang yang gemar tidur larut dan bangun lebih siang akan makan lebih sering dengan waktu yang tidak teratur dibandingkan orang-orang yang memiliki jam tidur lebih baik.

Mirkka Maukonen dari Finnish National Institute, peneliti dari studi ini menemukan bahwa orang yang beraktivitas di malam hari lebih memiliki masalah dengan masalah makan.

Orang yang memiliki pola makan baik cenderung dilakukan orang yang pola hidupnya baik, termasuk bangun di pagi hari.

Studi ini melibatkan 1854 orang di Finlandia dengan rentang usia 25 tahun hingga 74 tahun yang diminta mengisi kuesioner mengenai kebiasaan makan.

Tidak hanya baik untuk diet, bangun pagi terbukti memiliki berbagai manfaat.

Sebuah penelitian dari University of Toronto menemukan bahwa orang yang bangun pagi memiliki peluang untuk lebih bahagia dan energik sepanjang hari.

Orang yang secara alami bangun pada pukul 7 pagi memiliki energi positif sekitar 19 hingga 25 persen lebih banyak dibanding yang bangun terlambat.

Halaman
1234
Editor: Kholish Chered
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved