Ramadan 2019

Jelang Puasa Ramadan, Menteri Perhubungan Imbau Masyarakat Tidak Gunakan Motor saat Mudik Lebaran

Sektor transportasi darat, Menhub Budi Karya Sumadi mengimbau kepada masyarakat untuk tidak menggunakan motor untuk mudik.

Jelang Puasa Ramadan, Menteri Perhubungan Imbau Masyarakat Tidak Gunakan Motor saat Mudik Lebaran
TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Pemudik bermotor dari jalur selatan tujuan Jabotabek dan sekitarnya melintas di Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Minggu (10/7/2016), pada arus balik H+4 Lebaran. Arus balik Lebaran 2016 puncaknya terjadi hingga Minggu (10/7/2016). 

TRIBUNKALTIM.CO - Menjelang Lebaran 2019, Kementerian Perhubungan melakukan sejumlah persiapan kepada seluruh moda transportasi. 

Sektor transportasi darat, Menhub Budi Karya Sumadi mengimbau kepada masyarakat untuk tidak menggunakan motor untuk mudik Lebaran.

Menurut Menhub, angka kecelakaan pengguna motor saat mudik lebaran sangat tinggi, hingga 70 persen.

“Angka kecelakaan itu tinggi sekali di darat, tingginya kecelakaan itu diakibatkan oleh kendaraan roda dua," jelas Budi Karya.

Pemudik sepeda motor di jalur pantura di sekitar Simpang Jomin, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, tahun lalu.
Pemudik sepeda motor di jalur pantura di sekitar Simpang Jomin, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, tahun lalu. (KOMPAS/MUKHAMAD KURNIAWAN)

Pihajnya menganjurkan kepada saudara pemudik untuk tidak menggunakan motor.

Untuk itu, menhub meminta masyarakat dapat menggunakan program mudik gratis yang dilaksanakan oleh Kementerian Perhubungan.

Baik dengan menggunakan Bus, Kereta Api maupun Kapal Laut.

Untuk antisipasi kemacetan di Tol Jakarta-Cikampek, Kemenhub melakukan koordinasi kepada pihak kepolisian untuk rekayasa lalu lintasnya.

Saat ini opsi yang dilakukan bisa dengan one way yang rencananya akan dilakukan saat H-3 dan H+3 lebaran atupun lainnya, semua melihat situasi di lapangan.

Menhub mengatakan, dirinya akan melakukan pantauan langsung di titik-titik seperti pintu keluar tol atau rest area yang dianggap yang mungkin terjadi karena penumpukan.

Halaman
1234
Editor: Ayuk Fitri
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved