KPU Berau Pastikan Pemilu Susulan Digelar 27 April 2019

Ada 11 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang warganya tidak bisa melakukan pemilihan karena kekurangan kertas suara

KPU Berau Pastikan Pemilu Susulan Digelar 27 April 2019
TribunKaltim.Co/Geafry Necolsen
Pemilu yang digelar di Rutan Kelas IIB Tanjung Redeb periode sebelumnya. Pada Pemilu serentak 17 April 2019 lalu, para penghuni Rutan tidak bisa menggunakan hak suaranya lantaran terkendala distribusi logistik dan akan mengikuti pemilihan susulan pada 27 April 2019 ini. 

TANJUNG REDEB, TRIBUNKALTIM.CO– Dalam Pemilihan Umum (Pemilu) untuk  Pemilihan  Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) pada 17 April 2019 lalu, ada 11 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang warganya tidak bisa melakukan pemilihan karena kekurangan kertas suara. Namun Komisi Pemilihan Umum (KPU) Berau telah mendapatkan keputusan dari KPU Kaltim, tentang jadwal pemungutan suara bagi daftar pemilih tetap tambahan (DPTb) untuk 11 TPS tersebut.

Ketua KPU Berau, Budi Harianto mengatakan, saat ini surat suara untuk menggelar pemilihan susulan itu sudah diterima, termasuk jadwal Pemilu susulan yang ditetapkan pada 27 April 2019 ini.

"Baru hari Senin (22/4/2019) kami terima keputusannya dan sudah berkoordinasi dengan KPU Kaltim. Mereka mengatakan pemilu susulan untuk 11 TPS di Berau ini dilaksanakan pada 27 April 2019, artinya tepat 10 hari setelah 17 April atau hari pemilihan minggu lalu," kata Budi.

Seperti diberitakan sebelumnya, ada 11 TPS untuk DPTb yang belum melakukan pencoblosan di lima kecamatan, yakni Kecamatan Tanjung Redeb satu TPS, Kecamatan Kelay dengan lima TPS, Kecamatan Sambaliung satu TPS, Kecamatan Biatan dua TPS lalu Kecamatan Segah dua TPS.

KPU Berau, kata Budi, juga telah berkoordinasi dengan jajaran Polres Berau untuk melakukan pengamanan pada saat pemilihan susulan ini. "Untuk pengamanan pastinya kami juga juga melibatkan aparat kepolisian," imbuhnya.

Dalam pemilihan susulan ini, Budi menejelaskan, mereka yang terdaftar dalam DPTb nanti hanya mencoblos untuk empat jenis surat suara, kecuali surat suara DPRD Kabupaten Berau. “Ini keputusan langsung dari DPR RI dan berlaku di seluruh Indonesia UNTUK pemilu susulan DPTb,” jelasnya.

Budi juga mengajak masyarakat agar tetap menjaga kondusifitas, mengingat pasca Pemilu serentak kemarin bermunculan pesan berantai yang menyebutkan hasil perolehan suara sementara yang bukan dirilis oleh KPU.

"Kami harap masyarakat jangan terlalu percaya dengan informasi yang tidak pasti kebenarannya. Apalagi tentang hasil pemilu, karena sampai saat ini, KPU masih terus melakukan perhitungan atau rekapitulasi," tandasnya. (*)

Baca Juga

Berhembus Pemilu Ulang Pilpres 2019, 3 Pakar Hukum Tata Negara Bersuara, Mahfud MD Beri Syarat Ini

Jadwal Siaran Mata Najwa Usai Pemilu Hari Ini, Jokowi Bakal Bicara Soal Klaim Kemenangan Prabowo

UPADATE Petugas Pemilu Meninggal Bertambah Jadi 167 Orang, Mulai KPPS, Panwaslu hingga Polisi

TERPOPULER Manusia Tertinggi di Berau Mencapai 2,2 Meter Akan Dirujuk ke Rumah Sakit di Balikpapan

TRIBUN WIKI - Sejak Tahun 1960 Berau Sudah Punya 10 Bupati, Siapa Saja Mereka?

Likes Fanpage Facebook:

Follow Twitter:

Follow Instagram:

Subscribe Official Channel YouTube:

Penulis: Geafry Necolsen
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved