Berita Video

VIDEO - Bea Cukai Balikpapan Musnahkan Jutaan Rokok dan Ribuan Miras Ilegal

Rabu (24/4/2019) Bea Cukai melakukan pemusnahan besar-besaran barang ilegal yang disita sejak 3 tahun belakangan di Kalimantan Timur.

VIDEO -  Bea Cukai Balikpapan Musnahkan Jutaan Rokok dan Ribuan Miras Ilegal
tribunkaltim.co/Muhammad Fachri Ramadhani
Pemusnahan Barang Milik Negara Hasil Penindakan Berupa Barang Kena Cukai Hasil Tembakau dan Minuman Mengandung Etil Alkohol oelh Kanwil DJBC Kalbagtim dan KPPBC Pabean B Balikpapan, Rabu (24/4/2019). Sebanyak 5.295.380 batang rokok ilegal dan 6.116 botol miras ilegal dimusnahkan dengan cara digilas alat berat dan dibakar. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Rabu (24/4/2019) Bea Cukai melakukan pemusnahan besar-besaran barang ilegal yang disita sejak 3 tahun belakangan di Kalimantan Timur.

Sebanyak 5.295.380 batang rokok ilegal dan 6.116 botol miras ilegal dimusnahkan dengan cara digilas alat berat dan dibakar.

Dari pengamatan Tribunkaltim.co, di area Pelabuhan Semayang Balikpapan tersusun rapi belasan kontainer yang membentuk huruf U.

Persis di depan tenda tamu kehormatan dalam kegiatan Pemusnahan Barang Milik Negara Hasil Penindakan Berupa Barang Kena Cukai Hasil Tembakau dan Minuman Mengandung Etil Alkohol oelh Kanwil DJBC Kalbagtim dan KPPBC Pabean B Balikpapan.

Di tengahnya tampak ribuan jenis botol miras ilegal terhampar.

Alat berat awalnya berada persis di depan hamparan miras tersebut, mulai menggilas ribuan botol.

Saat tamu kehormatan acara tersebut, termasuk di dalamnya Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi melempar botol miras ke arah hamparan.

Tak memerlukan waktu lama alat berat tersebut meratakan botol miras dengan tanah.

Pemusnahan dilanjutkan dengan membakar secara simbolik sebagian barang-barang ilegal terutama rokok yang ditaruh di bak sampah bertuliskan customs.

Kakanwil DJBC Kalbagtim, Rusman Hadi didampingi Kepala KPPBC Tipe Madya Pabean B Balikpapan Fitra Krisdianto mengatakan pemusnahan secara keseluruhan, akan dilakukan di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di daerah Manggar, Balikpapan Timur dengan cara dibakar sampai tidak mempunyai nilai ekonomis.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Fachri Ramadhani
Editor: Amalia Husnul Arofiati
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved