Harga Tiket Masih Mahal, Penerbangan ke Seluruh Rute Diprediksi Sepi Saat Lebaran

Tingginya harga tiket domestik sejak Januari 2019 itu diperkirakan akan berimbas pada maskapai. Banyak warga yang keberatan

Harga Tiket Masih Mahal, Penerbangan ke Seluruh Rute Diprediksi Sepi Saat Lebaran
citilink.co.id
Ilustrasi pesawat terbang 

Harga Tiket Masih Mahal, Penerbangan ke Seluruh Rute Diprediksi Sepi Saat Lebaran

TRIBUNKALTIM.CO, JAKARTA — Meski Pemerintah telah mengimbau seluruh maskapai penerbangan di Tanah Air untuk menurunkan tarif harga tiketnya ke semua rute, kenyataannya harga tiket masih tinggi.

Tingginya harga tiket domestik sejak Januari 2019 itu diperkirakan akan berimbas pada maskapai. Banyak warga yang keberatan, dan terpaksa mengurangi jadwal terbangnya kecuali benar-benar penting.

Bahkan, saat Lebaran nanti diprediksi tidak akan terjadi lonjakan penumpang yang signifikan sehingga maskapai tidak akan menikmati peak season seperti tahun-tahun sebelumnya.

”Kami pakai patokannya Imlek kemarin. Tidak ada penerbangan yang mengajukan penerbangan ekstra. Pas libur Natal-Tahun Baru lalu, jumlah penerbangan ekstra hanya dalam hitungan jari,” kata pengamat penerbangan Gerry Soejatman dalam acara Kongkow Bisnis PasFM 92,4 tentang Dilema Harga Tiket Pesawat di Jakarta, Rabu (24/4/2019).

Menurut Gerry, jika pada awal bulan Ramadhan penumpang tidak banyak, saat Lebaran penumpang akan tetap sepi.

”Biasanya orang yang pulang di awal puasa tidak akan pulang lagi saat Lebaran. Nah, jika dia tidak pulang saat awal puasa, kemungkinan besar dia juga tidak pulang saat Lebaran karena harga tiket akan lebih mahal lagi. Demikian juga yang pulang saat Lebaran, belum tentu akan pulang dengan pesawat,” kata Gerry.

Faktor lain yang akan membuat penerbangan sepi saat Lebaran adalah waktu libur Lebaran yang cukup panjang.

”Tiket pesawat akan ludes jika waktu libur sangat pendek. Sekarang liburnya panjang, jadi kemungkinan besar masyarakat lebih memilih moda transportasi lain,” ujar Gerry.

 

Halaman
1234
Editor: Achmad Bintoro
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved