Pemilu 2019

Fahri Hamzah Kritik Inkonsistensi PKS, Prabowo-Sandi tak Percaya Lembaga Survei, PKS Malah Menerima

Prabowo-Sandi tak percaya hasil hitung cepat sejumlah lembaga yang menunjukkan kekalahannya. Namun PKS menyambut baik,

Fahri Hamzah Kritik Inkonsistensi PKS, Prabowo-Sandi tak Percaya Lembaga Survei, PKS Malah Menerima
(KOMPAS.com/Haryantipuspasari)
Fahri Hamzah 

TRIBUNKALTIM.CO,  JAKARTA - Fahri Hamzah mengaku kritik yang ia lontarkan selama ini, khusus di internal Partai Keadilan Sejahtera (PKS), adalah terkait kepemimpinanya di bawah Sohibul Iman. Wakil Ketua DPR ini juga mengkritik inkonsistensi PKS.

Fahri Hamzah sempat memprediksi PKS akan gagal lolos ke Senayan karena tak mencapai ambang batas perolehan suara sebesar 4 persen. Namun, pada kenyataannya, berdasarkan hasil hitung cepat sejumlah lembaga, PKS berhasil meraup 8 persen suara.

Hasil hitung cepat Litbang Kompas misalnya, menunjukkan PKS mendapatkan suara 8,56 persen. Angka itu naik hampir dua persen dibanding pada pemilu legislatif 2014 lalu.

Di pemilu lalu, saat Fahri Hamzah masih menjabat wakil sekjen, PKS hanya mendapat 6,79 persen. Lalu, apa tanggapan Fahri Hamzah setelah prediksinya meleset? "Saya dengar PKS belum percaya quick count," kata Fahri kepada Kompas.com, Jumat (26/4/2019).

Fahri menyindir inkonsistensi PKS. Di satu sisi, paslon yang diusung PKS Prabowo Subianto-Sandiaga Uno tak percaya dengan hasil hitung cepat sejumlah lembaga yang menunjukkan kekalahannya. Namun di sisi lain, PKS menyambut baik hasil hitung cepat yang menunjukkan suara PKS mengalami kenaikan.

Terlepas dari masalah itu, Fahri mengatakan, yang ia kritik dari PKS selama ini adalah terkait masalah kepemimpinannya di bawah Sohibul Iman.

"Kritik saya kepada PKS adalah tentang kepemimpinan yang zalim dan akhirnya menular kepada lembaga dan kadernya," kata Fahri. Fahri tak menjelaskan lebih jauh mengenai kepemimpinan zalim yang dimaksudnya. Namun, di bawah kepemimpinan Sohibul Iman, Fahri dipecat dari PKS pada 2016 lalu.

Fahri lalu mengajukan gugatan ke pengadilan dan memenangkan gugatannya sampai ke tingkat Mahkamah Agung. "Apapun hasil pemilu, selama kezaliman diterima menjadi bagian dari lembaga maka tetap saja tak punya masa depan. Itulah yang terjadi," ujar Fahri.

Baca juga :

Pascapencoblosan Pilpres 2019 Jokowi dan Zulkifli Hasan Bersua di Istana, Begini Respon Politisi PKS

Siapa Sebenarnya Pemenang Pilpres 2019? Begini Penjelasan Praktisi dan Pakar Hukum Tata Negara

Kenapa Pilih Prabowo di Pilpres 2019? Bambang Widjojanto: Pemberantasan Korupsi Bisa Lebih Maksimal

Pilpres Usai, Bagaimana Kini Nasib Divestasi Saham Freeport Penghasil Rp 56 Triliun per Tahun?

Kenapa Prabowo Berani Deklarasi Menang Pilpres 2019? Andre Rosiade Pastikan Dasarnya 'Real Count'

Like Fanpage Tribun Kaltim 

Follow Twitter Tribun Kaltim 

Follow Instagram Tribun Kaltim 

Subscribe Channel YouTube Tribun Kaltim

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Prediksinya soal PKS Tak Lolos ke DPR Meleset, Ini Kata Fahri Hamzah"

Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved