Gubernur Khofifah Indar Parawansa Bakal Diperiksa KPK di Polda Jatim, Ada Apa?

Mereka adalah Kepala Kantor Wilayah Kemenag Jawa Timur Haris Hasanuddin dan Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gresik Muafaq Wirahadi

Gubernur Khofifah Indar Parawansa Bakal Diperiksa KPK di Polda Jatim, Ada Apa?
(KOMPAS.com/ACHMAD FAIZAL)
Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa 

TRIBUNKALTIM.CO,  JAKARTA - Gubernur Jawa Timur Kofifah Indar Parawansa bakal diperiksa KPK. Kofifah dijadwalkan memberikan kesaksian atas perkara yang melibatkan mantan Ketum PPP Romahurmuziy. 

Menurut Juru Bicara KPK Febri Diansyah, selain Khofifah, saksi lain yang diperiksa merupakan unsur pejabat dan pegawai negeri sipil di kantor Kementerian Agama di daerah Jawa Timur

Gubernur Jawa Timur tersebut diperiksa sebagai saksi. "Siang ini, ada 5 saksi yang sedang diperiksa di Ditkrimsus Polda Jatim, termasuk saksi Khofifah, Gubernur Jatim," ujar Febri Diansyah saat dikonfirmasi. 

Namun, mereka bersaksi untuk tersangka Kepala Kantor Wilayah Kemenag Jawa Timur Haris Hasanuddin. "Didalami pengetahuan saksi tentang tersangka HRS," kata Febri. Dalam kasus ini, Romahurmuziy diduga menerima uang dengan total Rp 300 juta dari dua pejabat Kemenag di Jawa Timur.

Mereka adalah Kepala Kantor Wilayah Kemenag Jawa Timur Haris Hasanuddin dan Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gresik Muafaq Wirahadi.

Uang itu diduga sebagai komitmen kepada Romy untuk membantu keduanya agar lolos dalam seleksi jabatan di wilayah Kemenag Jawa Timur. Romahurmuziy dianggap bisa memuluskan mereka ikut seleksi karena ia dinilai mampu bekerja sama dengan pihak tertentu di Kemenag. Pada waktu itu, Haris melamar posisi Kakanwil Kemenag Jawa Timur. Sementara itu, Muafaq melamar posisi Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gresik. 

 Artikel Lain: 

* Tanggapi Pernyataan Romy soal Khofifah dan KH Asep, Mahfud MD: Merekomendasi Tak Selalu Korupsi

* Namanya Dicatut Romahurmuziy Dalam Kasus Pengisian Jabatan di Kemenag, Khofifah Siap Dipanggil KPK

* Romahurmuziy Mulai 'Bernyanyi', Ia Sebut Kakanwil Kemenag Jatim Rekomendasi Khofifah Indar Parawansa,

Halaman
12
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved