Opini

Patroli CyberCrime Pasca Pemilu

PEMILIHAN Umum (Pemilu) serentak pada 17 April 2019 menjadi tonggak sejarah pemilihan umum serentak pertama sejak negeri ini merdeka.

Patroli CyberCrime Pasca Pemilu
net
Ilustrasi 

Oleh: Dr Pitoyo, M.IKom
Praktisi Media dan Pemerhati Komunikasi Antarmanusia

TRIBUNKALTIM.CO - PEMILIHAN Umum (Pemilu) serentak pada 17 April 2019 menjadi tonggak sejarah pemilihan umum serentak pertama sejak negeri ini merdeka.

Pemilihan umum diselenggarakan untuk memilih calon presiden dan wakil presiden, calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) tingkat kabupaten/kota, provinsi dan pusat serta calon Dewan Perwakilan Daerah (DPD) secara langsung umum bebas dan rahasia.

Berbeda dengan pemilihan umum sebelumnya, pemilu kali ini ada lima lembar kertas suara yang harus dicoblos.

Tidak sedikit, pemilih yang bingung saat membuka kertas suara DPRD, DPR-RI dan DPD, meski Komisi Pemilihan Umum (KPU) juga tiada henti melakukan sosialiasi.

Masyarakat menjadi bingung bukan saat memilih siapa calon presiden dan wakil presiden, tetapi saat memilih wakil rakyat.

Pasalnya, wakil rakyat memperkenalkan diri selama delapan (8) bulan masa kampanye melalui media luar ruang, dengan foto, dengan wajah selalu senyum, nama partai politik dan nomor urutnya, dari ukuran kecil hingga sangat besar.

Ilustrasi - Hoax atau berita bohong merupakan tindakan yang menyesatkan, berdosa.
Ilustrasi - Hoax atau berita bohong merupakan tindakan yang menyesatkan, berdosa. (Tribunkaltim.co/ilo)

Namun, wakil rakyat itu ternyata dalam surat suara tidak ada fotonya. Hanya, anggota DPD yang menyertakan foto dalam surat suara.

Kesulitan bukan hanya pada pemilih, namun setelah pencoblosan selesai masalah baru muncul, yakni saat penghitungan suara.

Kertas suara pemilihan presiden dihitung di awal dengan saksi relawan dari partai koalisinya dan masyarakat pun ikut terlihat menyaksikan.

Halaman
1234
Editor: Sumarsono
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved