Sebar Hoax di Medsos Mengenai Tentara WNA China di Kaltara, Oknum DPRD Tersangka

Direktorat Reserse Kriminal KHusus (Ditkrimsus) Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Utara, menetapkan seorang tersangka penyebar berita bohong

Sebar Hoax di Medsos Mengenai Tentara WNA China di Kaltara, Oknum DPRD  Tersangka
TribunKaltim.Co/Muhammad Arfan
Dirkrimsus Polda Kalimantan Utara Kombes Pol Helmy Kwarta Kusuma Putra 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR- Direktorat Reserse Kriminal KHusus (Ditkrimsus) Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Utara,

menetapkan seorang tersangka penyebar berita bohong atau hoax yang sempat memposting keberadaan tentara Cina dan bersenjata lengkap berkeliaran di Kilometer 12, Desa Gunung Sari, Tanjung Selor, Kalimantan Utara.

Dirkrimsus Polda Kalimantan Utara Kombes Pol Helmy Kwarta Kusuma Putra menjelaskan, tersangka berinisial MN, notabene sebagai anggota legislatif di Kabupaten Bulungan.

Penetapan tersangka MN sebagai tindaklanjut penyelidikan dan penyidikan jajaran Ditkrimsus Polda beberapa terakhir terkait informasi keberadaan WNA Cina di Bulungan.

Fakta temuan kepolisian di lapangan bertolak belakang dengan postingan MN yang menyebutkan adanya tentara Cina berkeliaran dan bersenjata lengkap.

Helmy mengatakan, memang ada WNA yang datang ke lokasi tersebut tepatnya 6 orang pelajar asal Cina yang melakukan penelitian kayu gaharu di lokasi yang disebutkan.

"Memang mereka menggunakan pakaian loreng-loreng. Setelah kami dalami, adalah loreng-loreng style begitu.

Kami juga melakukan pemeriksaan terhadap identitas yang mereka gunakan, paspor dan lainnya. Salah satunya petunjuk dari hotel tempat mereka menginap," ujar Helmy kepada Tribunkaltim.co, Jumat (26/4/2019).

"Sehingga dari saksi-saksi yang didapat, di mana mereka pertama kali datang, siapa yang mengantar, kegiatan apa,

kemudian diambil kesimpulan bahwa benar itu memang kegiatan yang diambil oleh 6 orang yang di dalam bukti surat paspor itu adalah pelajar untuk melakukan kegiatan yang berhubungan dengan gaharu," tambahnya.

Halaman
1234
Penulis: Muhammad Arfan
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved