Infrastruktur Mahulu

Anggaran Rp 50 Miliar Diguyur Buat Bangun Jalan Ujoh Bilang-Long Bagun Sampai Tembus Long Pahangai

Nanti itu jalan akan dibangun dari Ujoh Bilang, mengarah ke Long Bagun dan langsung ke Long Pahangai. Program perbatasan tetap dianggarkan kembali.

Anggaran Rp 50 Miliar Diguyur Buat Bangun Jalan Ujoh Bilang-Long Bagun Sampai Tembus Long Pahangai
TRIBUN KALTIM/BUDI SUSILO
Perahu jenis Longboat menaklukan jeram udang hulu Sungai Mahakam, Kecamatan Long Bagun, Kabupaten Mahakam Ulu, Provinsi Kalimantan Timur, Senin (26/11/2018) pagi. Perahu tersebut akan menuju ke daerah Long Pahangai, jadi andalan jalur utama transportasi warga Mahakam Ulu. Jalur darat belum terbuka secara baik. 

TRIBUNKALTIM.CO, MAHAKAM ULU - Tahun ini Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kalimantan Timur menganggarkan program jalan perbatasan di kawasan Kabupaten Mahakam Ulu atau Mahulu, Provinsi Kalimantan Timur.

Kepala Dinas PUPR Kalimantan Timur, Taufik Fauzi, mengatakan program tersebut digencarkan di Mahakam Ulu guna mempercepat infrastruktur di kabupaten yang berbatasan dekat dengan wilayah negara Malaysia itu.

"Anggaran tahun ini untuk program perbatasan yaitu Rp 50 miliar untuk jalan," ujar Taufik Fauzi, Minggu (28/4/2019).

Nanti itu jalan akan dibangun dari Ujoh Bilang, mengarah ke Long Bagun dan langsung ke Long Pahangai.

"Program perbatasan tetap dianggarkan kembali," kata Taufik Fauzi lagi.

Taufik mengatakan pihaknya juga telah menyiapkan anggaranuntuk jembatan di Mahakam Ulu sebesar Rp 30 miliar.

Suasana ibukota Kabupaten Mahakam Ulu, Provinsi Kalimantan Timur di Kampung Ujoh Bilang, Kecamatan Long Bagun pada Jumat (26/10/2018) siang.
Suasana ibukota Kabupaten Mahakam Ulu, Provinsi Kalimantan Timur di Kampung Ujoh Bilang, Kecamatan Long Bagun pada Jumat (26/10/2018) siang. (TRIBUN KALTIM/BUDI SUSILO)

Program perbatasan ini nantinya juga bekerjasama dengan TNI AD agar proses pembangunan yang dilakukan Dinas PUPR bisa segera rampung.

Menurut Taufik, keterlibatan TNI AD sangat penting, mengingat medan di Kabupaten Mahulu sangat berat.

Misalnya untuk membuka akses jalan, pihaknya harus melewati hutan-hutan dengan kondisi jalan tanah berlumpur.

Pasalnya akses utama di Kabupaten Mahulu adalah jalur sungai.

Transportasi air perahu motor cepat jurusan Ujoh Bilang-Tering Kutai Barat, menambatkan ke Dermaga Utama Kampung Ujoh Bilang, Kecamatan Long Bagun, Kabupaten Mahakam Ulu, Provinsi Kalimantan Timur pada Minggu (18/11/2018) sore.
Transportasi air perahu motor cepat jurusan Ujoh Bilang-Tering Kutai Barat, menambatkan ke Dermaga Utama Kampung Ujoh Bilang, Kecamatan Long Bagun, Kabupaten Mahakam Ulu, Provinsi Kalimantan Timur pada Minggu (18/11/2018) sore. (TRIBUN KALTIM/BUDI SUSILO)
Halaman
1234
Penulis: Cornel Dimas Satrio
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved