Pemilu 2019

Kisah Para Caleg Gagal: Tarik Bantuan Aspal hingga Ambruk Meninggal Terserang Jantung

Banyak kisah menarik yang dilakukan sejumlah calon legislatif (caleg) gagal menjadi wakil rakyat.

Kompas.com/ MUHAMAD SYAHRI ROMDHON
H. Ustad Ujang Bushtomi memandikan Yayat Abdurrahman Caleg DPRD Kabupaten Cirebon dari Partai Gerindra yang memperoleh suara jauh dari target, di padepokan anti galau, Jumat (19/4/2019). Terapi dengan cara tradisional dan pendekatan agama ini dilakukan untuk ketenangan. 

Kisah Para Caleg Gagal Terpilih: Tarik Bantuan Aspal hingga Ambruk Meninggal Terserang Jantung

TRIBUNKALTIM.CO -  Banyak kisah menarik yang dilakukan sejumlah calon legislatif (caleg) gagal menjadi wakil rakyat. 

Mereka umumnya tidak mendapatkan perolehan suara sesuai yang ditargetkan.

Untuk bisa duduk di kursi wakil rakyat di DPRD kabupaten/Kota, DPRD Provinsi, dan DPR RI, jumlah suara harus cukup rumus penghitungan kursi yang ditetapkan dalam aturan.

Cara mereka menYikapi Ketidakterpilihannya pun beragam. Mulai menarik kembali bantuan brang yang sudah terlanjur diberikan kepada warga hingga ada yang kaget hingga meinggal.

Seperti dilakukan Hy. Gara-gara gagal terpilih, HY, seorang caleg dari Partai Gerindra di Cimahi, Jawa Barat,  menarik bantuan berupa aspal telah diberikannya kepada warga di kompleks Puri Cipageran 1 Blok H2, RT 2 RW 28, Cimahi Utara.

Di wilayah tersebut, HY hanya meraup 5 suara. Sementara itu, warga di kompleks Puri Cigaperan pun tidak mempermasalahkan HY membatalkan dan menarik bantuan aspal bagi mereka.

 
Sementara itu, beberapa oknum calon legislatif yang gagal nekat membakar surat suara di sejumlah daerah. Akibatnya, KPU setempat terpaksa menggelar pemungutan suara ulang. 

Salah satu aksi caleg gagal yang sempat menjadi sorotan terjadi di Pemilu 2014 lalu. Saat itu, seorang caleg PKS di Sampang, Madura, nekat mencuri kotak suara karena gagal terpilih. 

Berikut ini fakta lengkapnya:

Halaman
1234
Editor: Achmad Bintoro
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved