Polda Kaltara Ingatkan tak Timbun Bahan Pokok, bila Melanggar akan Ditindak

Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditkrimsus) Polda Kalimantan Utara siap turun melaksanakan pemantauan ketersediaan barang

Polda Kaltara Ingatkan tak Timbun Bahan Pokok, bila Melanggar akan Ditindak
TribunKaltim.Co/Muhammad Arfan
Polda Kaltara akan memantau harga-harga sembako menjelang ramadhan 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR – Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditkrimsus) Polda Kalimantan Utara

siap turun melaksanakan pemantauan ketersediaan barang dan stabilitas harga barang menjelang bulan suci Ramadan 1440 Hijriyah.

Dirkrimsus Polda Kalimantan Utara Kombes Pol Helmy Kwarta Kusuma Putra menjelaskan, direktorat yang dipimpinnya itu telah tergabung dalam Tim Satgas Pangan yang notabene setiap hari melakukan pemantauan di pasar-pasar.

“Bukan baru sekarang kita melakukan itu. Tetapi setiap hari meskipun bukan bulan Ramadhan. Kita memastikan barang itu tetap tersedia, haganya juga stabil,” ujar Kombes Pol Helmy Kwarta, Senin (29/4/2019).

Sejauh ini Satgas Pangan sebutnya, melakukan pengecekan kesesuaian harga harian dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) yang sudah ditetapkan pemerintah dan pemerintah daerah.

Jika kemudian terjadi perubahan harga yang tidak wajar alias kenaikan harga secara signifikan, dan ditemukan indikasi permainan, Ditkrimsus akan memberi peringatan terlebih dahulu.

“Kalau ada indikasi-indikasi permainan itu untuk profit oriented oleh kelompok tertentu, kami nasehati dia supaya jangan melakukan perbuatan itu.

Ternyata kalau dia masih nimbun, bikin langka, harga naik, kami Ditkrimsus akan mengambil tindakan hukum yang tegas,” ujarnya.

Sejauh ini hasil monitoring Ditkrimsus, pergerakan harga komoditas relatif stabil. Seperti beras premium dengan harga terendah Rp 14 ribu per kilogram, paling tinggi Rp 15 ribu.

Beras medium harga terendah Rp 9 ribu per kilogram, tertinggi Rp 9,4 ribu.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Arfan
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved