Tingkatkan Budaya Gemar Membaca, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Gelar Lomba Bercerita

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) menggelar lomba bercerita yang secara khusus diikuti oleh siswa-siswi SD/MI

Tingkatkan Budaya Gemar Membaca, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Gelar Lomba Bercerita
TRIBUN KALTIM/ HERIANI
Suasana lomba bercerita siswa-siswi SD/MI tingkat Kabupaten PPU tahun 2019 di Ruang Pertemuan Lantai 1 Kantor Pemkab PPU, Senin (29/4/2019). 

TRIBUNKALTIM.CO, PENAJAM - Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) menggelar lomba bercerita yang secara khusus diikuti oleh siswa-siswi SD/MI tingkat Kabupaten PPU tahun 2019.

Lomba ini berlangsung di Ruang Pertemuan lantai 1 Kantor Pemkab PPU, Senin (29/4/2019).

Tujuan utama dari diadakannya lomba ini adalah agar masyarakat menerapkan budaya gemar membaca, khususnya sejak dini,

dimana dewasa ini, minat literasi perlahan-lahan digerus oleh kecanggihan teknologi.

Bupati PPU, Abdul Gafur Mas'ud menyampaikan dalam sambutan bahwa lomba-lomba semacam ini merupakan salah satu upaya pemerintah dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

"Masalah minat membaca merupakan persoalan yang sangat penting dalam pendidikan,

karena anak-anak akan berprestasi di sekolah dengan minat membaca, begitu pula sebaliknya," katanya.

Menurut Bupati yang kerap disapa AGM ini, bangsa yang besar adalah bangsa yang generasi penerusnya memiliki karakter yang dibentuk melalui pendidikan, baik formal maupun nonformal.

Suasana lomba bercerita siswa-siswi SD/MI tingkat Kabupaten PPU tahun 2019 di Ruang Pertemuan Lantai 1 Kantor Pemkab PPU, Senin (29/4/2019).
Suasana lomba bercerita siswa-siswi SD/MI tingkat Kabupaten PPU tahun 2019 di Ruang Pertemuan Lantai 1 Kantor Pemkab PPU, Senin (29/4/2019). (TRIBUN KALTIM/ HERIANI)

"Mengacu pada pembelajaran, peningkatan moral dan intelektual, keterampilan serta kreativitas dengan melibatkan peranan keluarga, sekolah maupun masyarakat dalam upaya menumbuh kembangkan kegemaran membaca anak sejak dini," imbuhnya.

AGM berharap dari lomba yang bertema 'menumbuhkembangkan kegemaran membaca dan kecintaan terhadap budaya lokal dalam upaya membangun karakter, kecerdasan, kreativitas dan inovasi generasi muda Indonesia',

generasi muda, khususnya anak-anak dapat berguna bagi nusa dan bangsa.

Halaman
12
Penulis: Heriani AM
Editor: Rita
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved