Desa Buana Jaya, Kukar Kembangkan Bawang Merah dengan Biji

Kelompok Tani di Desa Buana Jaya, Kecamatan Tenggarong Seberang, mengembangkan tanaman bawang merah dengan menggunakan biji (true seed of shallot/TSS)

Desa Buana Jaya, Kukar  Kembangkan Bawang Merah dengan Biji
TribunKaltim.Co/Rahmat Taufik
Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian dan Peternakan Kukar, Sugiono memunjukkan tanaman bawang merah yang dikembangkan dengan biji di Desa Buana Jaya, Kecamatan Tenggarong Seberang 

TRIBUNKALTIM. CO, TENGGARONG - Kelompok Tani di Desa Buana Jaya, Kecamatan Tenggarong Seberang, mengembangkan tanaman bawang merah dengan menggunakan biji (true seed of shallot/TSS).

Kini, mereka menikmati hasil panen perdana, Selasa (30/4/2019).

Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian dan Peternakan Kukar Sugiono mengemukakan, budidaya bawang merah dengan TSS ini baru pertama kali di Kukar.

Kebanyakan para petani membudidayakan bawang merah dengan umbi.

"Ini pakai biji, ukurannya kecil seperti biji sawit. Benihnya didatangkan dari PT Tanah Merah di Jakarta, di sini kan banyak produknya," ujar Sugiono.

Selain Buana Jaya, budidaya bawang merah dengan biji ini juga dikembangkan di beberapa wilayah Kukar, seperti Samboja dan Bukit Biru, Tenggarong.

"Tapi di Desa Buana Jaya yang dikelola Kelompok Tani Sri Lemah Sejati ini yang bagus," tuturnya.

Masa panen bawang merah ini beserta persemaiannya memakan waktu 114 hari.

"Tapi masa panen bisa cepat atau lambat tergantung faktor cuaca, yang agak susah itu persemaiannya, ternyata petani di sini mulai mengerti, untuk persemaian sudah nggak jadi masalah," katanya.

Ke depan, Desa Buana Jaya ini akan diproyeksikan bisa memproduksi bibit TSS bawang merah. "Yang kita panen ini baru 3/4 hektare, ke depan kita tambah lagi.

Halaman
12
Penulis: Rahmad Taufik
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved