Jelang Ramadhan Harga Sejumlah Kebutuhan Pokok Mulai Naik, Segini Harganya

Pekan depan, Ramadhan sudah tiba. Arus transaksi pedagang sayur dan lauk di kawasan Pasar Induk Sangatta kiat bergeliat.

Jelang Ramadhan Harga  Sejumlah Kebutuhan Pokok Mulai Naik, Segini Harganya
TribunKaltim.Co/Margaret Sarita
Los sayur segar di Pasar Induk Sangatta_ 

TRIBUNKALTIM.CO, SANGATTA – Pekan depan, Ramadhan sudah tiba. Arus transaksi pedagang sayur dan lauk di kawasan Pasar Induk Sangatta kiat bergeliat.

Padahal, sejumlah bahan pangan, terus merangkak naik sepekan belakangan ini. Banyak warga sudah mulai mempersiapkan bahan pangan untuk berbuka dan sahur.

Seperti telur, tepung, gula pasir, gula merah dan minyak goreng. Tak sedikit juga yang memborong mie instan.

Nurmah, warga Jalan Dayung mengaku persiapan bahan pangan jelang Ramadhan sudah mulai dibeli mulai  sekarang. Karena dikhawatirkan, harga bahan pangan semakin naik dekat Ramadhan.

Ia membeli bahan pangan yang tak mudah basi, seperti telur, mie instan, sarden, krupuk, minyak goreng, tepung terigu dan tepung beras untuk membuat menu berbuka.

“Dibeli untuk stok dulu. Sebelum naik lagi. Ini saja sebagian sudah ada yang naik.

Telur masih dapat harga Rp 47.000 per piring untuk ukuran kecil, nanti puasa bisa-bisa lebih Rp 50.000 per piring. Bumbu dapur sudah mulai naik.

Saya biasanya stok bumbu, jadi nanti pas Ramadhan sudah tinggal campur-campur saja,” ungkap Nurmah, Selasa (30/4).

Apa yang diungkapkan Nurmah, ternyata benar. Harga bumbu dapur seperti bawang merah saja sudah naik Rp 20.000 per Kg, dari yang sebelumnya Rp 45.000 menjadi Rp 65.000 per Kg.

Pedagang pun mengeluhkan harga bawang yang naik dari tingkat agen, sehingga penjual pun terpaksa menaikkan harga di tingkat eceran.

Halaman
12
Penulis: Margaret Sarita
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved