Baru 82 Ribu Pekerja Aktif Terdaftar BPJS Ketenagakerjaan di Kaltara, Sisanya Masih Misteri

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Tarakan,hingga saat ini telah mengimpun sebanyak 82.000 pekerja

Baru 82 Ribu Pekerja Aktif Terdaftar BPJS Ketenagakerjaan di Kaltara, Sisanya Masih Misteri
TribunKaltim.Co/Muhammad Arfan
Sejumlah pekerja konstruksi di Bulungan saat mengikuti pelatihan konstruksi di Kantor Dinas PUPR Perkim Kalimantan Utara beberapa waktu lalu. 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Tarakan,

hingga saat ini telah mengimpun sebanyak 82.000 pekerja atau buruh perusahaan di Kalimantan Utara yang aktif dan sudah terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan.

Namun, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tarakan, Wirasirait, meyakini, masih ada buruh yang belum terdaftar dalam jaminan sosial ketenagakerjaan itu.

Namun jumlah pekerja atau buruh yang belum terdaftar hingga saat ini, belum didapatkan data angka yang konkret.

"Pekerja aktif yang terdaftar sebanyak kurang lebih 82.000. Sedangkan yang belum terdaftar, ini yang masih misteri," kata Wirasirait, Kamis (2/5/2019) saat menghadiri kegiatan 'Respons Kaltara', di Ball Room Tanjung Selor.

Wirasirait meminta serikat-serikat buruh dan Disnakertrans Provinsi dan kabupaten/kota memonitor pekerja yang belum ter-cover BPJS Ketenagakerjaan.

Data yang kemudian akan dikumpulkan instansi-instansi tersebut akan ditindaklanjuti agar pekerja yang belum terdaftar bisa mendapatkan BPJS Ketenagakerjaan.

"Karena BPJS Ketenagakerjaan itu adalah program wajib yang harus dijalankan.

Kemungkinan masih ada yang belum. Karena dinamis, mungkin ada tenaga kerja yang masuk, yang keluar. Sekali lagi , ini komitmen bersama, khususnya serikat. Yang mana yang belum, akan eduksi," sebutnya.

Ada empat manfaat BPJS Ketenagakerjaan, Pertama, manfaat Jaminan Kecelakaan Kerja. Jaminan ini, BPJS Ketenakerjaan memberi perlindungan resiko kecelakaan mulai dari keluar rumah, di jalan, di tempat kerja, sampai kembali pulang ke rumah.

Halaman
123
Penulis: Muhammad Arfan
Editor: samir paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved