The Fed Abaikan Permintaan Presiden Trump, Ini yang Dilakukan Bank Sentral AS

Beberapa hari sebelumnya Presiden AS Donald Trump meminta The Fed menurunkan suku bunga dan mengambil langkah-langkah lain untuk merangsang ekonomi.

The Fed Abaikan Permintaan Presiden Trump,  Ini yang Dilakukan Bank Sentral AS
TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
ILUSTRASI - Petugas menghitung mata uang dolar AS yang ditukar warga. 

TRIBUNKALTIM, CO - The Federal Reserve (The Fed) mempertahankan suku bunga acuannya.

Bank Sentral AS (Amerika Serikat) ini juga mengisyaratkan tidak menyesuaikan suku bunga dalam waktu dekat.

Suku bunga The Fed tetap di kisaran 2,25%-2,50%.

"Kami pikir sikap kebijakan kami sudah tepat saat ini. Kami tidak melihat alasan kuat untuk memindahkannya ke kedua arah," kata Ketua Fed Jerome Powell dalam konferensi pers setelah berakhirnya pertemuan kebijakan dua hari, Rabu (1/5) seperti dikutip Reuters.

The Fed menyebutkan pasar tenaga kerja AS tetap kuat dan aktivitas ekonomi naik pada tingkat yang solid dalam beberapa pekan terakhir sehingga kenaikan inflasi AS pada akhirnya masih memungkinkan terjadi.

Itu sebabnya, The Fed memutuskan mempertahankan suku bunga di level saat ini.

"Secara keseluruhan, saya melihat kami di jalan yang bagus untuk tahun ini," kata Powell.

Presiden AS Donald Trump saat memberikan pidato dalam acara Asosiasi Senapan Nasional (NRA) di Indianapolis, Jumat (26/4/2019).
Presiden AS Donald Trump saat memberikan pidato dalam acara Asosiasi Senapan Nasional (NRA) di Indianapolis, Jumat (26/4/2019). ((AFP / SETH HERALD))

Beberapa hari sebelumnya Presiden AS Donald Trump meminta The Fed menurunkan suku bunga dan mengambil langkah-langkah lain untuk merangsang ekonomi.

Perhatian utama The Fed saat ini adalah tingkat inflasi AS yang saat ini masih jauh dari target 2%. Data terbaru inflasi AS hanya sebesar 1,6%.

Inflasi ini akan menjadi masalah jika rumah tangga dan pebisnis memiliki keraguan tentang kekuatan ekonomi dan enggan menghabiskan belanja maupun berinvestasi.

Halaman
123
Editor: Adhinata Kusuma
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved