Inflasi Kota Balikpapan Bulan April Naik, Naiknya Tarif Cargo Jadi Penyebabnya

Tarif angkutan udara dan bahan makanan menjadi salah satu penyumbang inflasi Kota Balikpapan pada bulan April 2019 kemarin.

Inflasi Kota Balikpapan Bulan April Naik, Naiknya Tarif Cargo Jadi Penyebabnya
TRIBUN KALTIM/ SITI ZUBAIDAH
Bimo Epyanto Kepala Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Tarif angkutan udara dan bahan makanan menjadi salah satu penyumbang inflasi Kota Balikpapan pada bulan April 2019 kemarin.

Kota Balikpapan tercatat mengalami inflasi sebesar 0,25% (mtm), lebih tinggi dibandingkan periode sebelumnya yang mencatatkan deflasi sebesar -0,28% (mtm).

Inflasi April 2019 juga tercatat lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata inflasi di bulan April selama 3 tahun terakhir yang sebesar -0,06% (mtm).

Secara tahunan, inflasi IHK Kota Balikpapan mencatatkan angka sebesar 2,93% (yoy) atau lebih tinggi dibandingkan inflasi nasional sebesar 2,83% (yoy) dan Provinsi Kalimantan Timur sebesar 2,84% (yoy).

Bimo Epyanto Kepala Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan mengatakan,

Inflasi pada bulan April 2019 lebih banyak didorong oleh kenaikan harga kelompok transport yang memberikan andil inflasi terbesar yaitu 0,18% (mtm) dampak kenaikan tarif angkutan udara yang memberi tekanan sebesar 4,61% (andil 0,18%).

"Pada saat yang sama kelompok bahan makanan juga mengalami inflasi dengan sumbangan sebesar 0,16% (mtm),

dampak dari gangguan cuaca yang mempengaruhi produksi dan distribusi komoditas sayuran dari daerah pemasok seperti bawang merah, tomat, kangkung dan lainnya," kata Bimo.

Sementara itu, beberapa komoditas dalam kelompok makanan jadi seperti makanan ringan, teh dan susu juga mengalami kenaikan dampak peningkatan permintaan mendekati bulan Ramadhan 2019.

Ke depan, terdapat beberapa faktor yang diperkirakan masih akan memberi tekanan inflasi, diantaranya:

Halaman
12
Penulis: Siti Zubaidah
Editor: Rita
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved