Tiga Menteri Terseret Perkara KPK, Jokowi Akan Reshuffle Mereka? Ini Kata ICW dan Istana

Setidaknya ada tiga menteri Kabinet Kerja Presiden Jokowi-Kalla yang hingga Sabtu (4/5/2019) ini disebut-sebut dalam sejumlah kasus gratifikasi.

Tiga Menteri Terseret Perkara KPK, Jokowi Akan Reshuffle Mereka? Ini Kata ICW dan Istana
Twitter @MataNajwa
Calon presiden petahana nomor urut 01 Joko Widodo atau Jokowi menjawab pertanyaan Mata Najwa terkait perolehan suaranya di Sumatera Barat. 

Tiga Menteri Terseret Perkara KPK, Apakah Jokowi Akan Reshuffl Mereka? Ini Kata Istana, Simak Pula Catatan ICW

TRIBUNKALTIM.CO, JAKARTA - Penggeledahan rumah dan ruang kerja Menteri Perdagangan Eggartiasto Lukita oleh tim penyidik KPK, menambah daftar para menteri yang dikaitkan dengan sejumlah kasus gratifikasi yang saat ini ditangani KPK.

Setidaknya ada tiga menteri Kabinet Kerja di bawah Presiden Jokowi-Kalla yang hingga Sabtu (4/5/2019) ini disebut-sebut dalam kasus-kasus tersebut.

Mereka adalah Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi sebelumnya menjadi saksi di Sidang Tipikor dalam kasus dugaan suap dana hibah kepada Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga.

Sementara itu, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita ruangan dan rumahnya diperiksa KPK terkait kasus gratifikasi politisi Golkar Bowo Sidik Pangarso (BSP).

Terakhir, Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin juga sudah dipanggil KPK terkait jual beli jabatan di Kemenag, kasus yang juga menyeret Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan Romahurmuziy.

Lalu bagaimana Istana Kepresiden menanggapi ini? Bagaimana pula Indonesian Corruption Watch (ICW) yang selama ini gencar menyoroti masakah-masalah korupsi melihat hal ini?

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko memastikan bahwa Presiden Joko Widodo menghormati proses hukum yang dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi.

Presiden tak akan mengintervensi meski kasus yang diusut KPK menterinya. "Kalau sudah persoalan hukum, presiden selalu tidak mau intervensi tentang itu," kata Moeldoko di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (2/5/2019).

Presiden Jokowi dan Moeldoko
Presiden Jokowi dan Moeldoko (IST/Warta Kota)

Hal tersebut disampaikan Moeldoko menanggapi tiga kasus di KPK yang menyeret tiga menteri kabinet kerja.

Halaman
1234
Editor: Achmad Bintoro
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved