Gara-gara Harga Sembako Naik, Ibu-Ibu Mulai Cari Bahan Pokok Pengganti

Meningkatnya harga beberapa harga kebutuhan pokok menjelang Ramadhan, membuat masyarakat di Balikpapan harus memutar otak.

Gara-gara Harga Sembako Naik, Ibu-Ibu Mulai Cari Bahan Pokok Pengganti
TribunKaltim.CO
Endang 

TRIBUN KALTIM.CO, BALIKPAPAN - Meningkatnya harga beberapa harga kebutuhan pokok menjelang Ramadhan, membuat masyarakat di Balikpapan harus memutar otak.

Khusus untuk kebutuhan rumah tangga baik saat  sahur dan berbuka puasa nanti.

Agar kantong tidak jebol karena tingginya harga kebutuhan pokok, sejumlah warga  di Kota Balikpapan mencari pengganti alternatif lain yang harganya masih stabil.

Itulah yang dirasakan Diah Hartati yang tinggal di Jalan Dokter Sutomo Karang Rejo ini. Ia mengatakan beberapa kebutuhan yang naik tidak hanya bawang putih atau daging saja. '

Bahkan sayuran seperti sawi  di pasar juga mengalami kenaikan. "Jelasnya mas pasti harga lain ikut-ikutan seperti sayuran saja kemarin bayam sawi jadi Rp 10 ribu. Biasanya Rp 3 ribu sampai Rp 5 ribu sudah dapat," ujarnya, Minggu (5/5/2019).

Bahkan beberapa hari yang lalu ketika mampir di beberapa pasar Balikpapan, ia menjumpai beberapa jenis ikan yang stoknya habis.

"Ikan pada kosong di pasar," ucapnya. Pun juga kaget ketika harga bawang yang ia temui kemarin naik. Padahal dua minggu yang lalu ia menjumpai bawang putih per kilonya masih berkisar Rp 80 ribu per kilo.

"Dulu saja  bawang putih masih Rp 20 ribu/kg,  tapi minggu lalu harganya sudah capai Rp 80 ribu/kg. Aku sampai nungguin harga turun, tapi kok  malah harga naik jadi 120 ribu kemarin," katanya.

Begitu pula dengan harga ayam dan daging juga cukup tinggi. Hingga ia harus memutar otak agar keluarganya tetap makan enak seperti biasanya.

Ia pun mencari alternatif lain pengganti daging. ia mencontohkan,  harus membeli telur sebagai pengganti daging, sebab harga telur  masih stabil dibandingkan dengan komoditas lainnya.

Halaman
12
Penulis: Jino Prayudi Kartono
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved