Ungguli Paslon Capres Prabowo-Sandi di Kutim, Segini Perolehan Suara Capres Jokowi-Amin

Suara Capres Jokowi-Amin unggul dari Capres Prabowo-Sandi. Paslon 01 Raih 66,9 Persen dan 02 33,1 Persen

Ungguli Paslon Capres Prabowo-Sandi di Kutim, Segini Perolehan  Suara  Capres Jokowi-Amin
TribunKaltim.CO/Margaret Sarita
Penandatanganan berita acara rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara di tingkat Kabupaten Kutai Timur oleh para saksi_ 

TRIBUNKALTIM.CO, SANGATTA – Rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan suara di tingkat Kabupaten Kutai Timur, untuk pemilihan anggota legislatif serta Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden RI telah selesai dilaksanakan.

Rapat yang berlangsung selama empat hari, sejak 2 Mei lalu, ditutup dengan pendatanganan berita acara hasil rekapitulasi oleh seluruh komisioner KPU Kutai Timur dan para saksi dari 16 partai politik peserta Pemilu 2019, Senin (6/5).

Dari hasil rekapitulasi, untuk suara Presiden dan Wakil Presiden RI, kandidat 01 yakni pasangan Joko Widodo dan Ma’ruf Amin tercatat unggul dengan perolehan suara mencapai 124.567 pemilih atau 66,9 persen dari total pemilih di Kutim, yang mencapai 189.622 pemilih.

Sementara pasangan calon nomor urut 2, yakni Prabowo-Sandiaga Uno mendapatkan 61.676 suara atau 33,1 persen dari total pemilih di Kutim.

“Untuk pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, surat suara yang dianggap sah, sebanyak 186.243 dan surat suara yang tidak sah sebanyak 3.379 lembar.

Sehingga total keseluruhan pemilih yang memberikan suaranya mencapai 189.622 jiwa,” ungkap Ketua KPU Kutim, Ulfa Jamiatul Farida.

Angka pemilih yang ikut berpartisipasi dalam Pilpres maupun Pileg kali ini, menurut Ulfa cukup membahagiakan. Karena dari total Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang dimiliki KPU Kutim, 83,4 persen pemilih tetap menggunakan hak pilihnya.

“Total DPT kita di Kutim, 227.323 pemilih, ternyata 189.622 pemilih mempergunakan hak pilihnya. Berarti, persentase pemilih yang mempergunakan hak pilihnya mencapai 83,4 persen.

Meningkat jauh dibanding Pemilu sebelum-sebelumnya yang hanya ada di kisaran angka 40-50 persen saja,” ujar Ulfa.(*)

Sempat Siagakan Tim Medis di Rapat Pleno

Halaman
1234
Penulis: Margaret Sarita
Editor: samir paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved