Pemilu 2019

RSJD Samarinda Terima Pasien Jalur Eksklusif, Belum Diketahui Caleg Stres atau Pasien Umum

Belum diketahui secara pasti apakah pasien yang mengakses RSJD Atma Husada Mahakam Samarinda merupakan caleg gagal yang stres atau pasien umum

TRIBUN KALTIM/NEVRIANTO HP
Petugas medis berada di ruang tindakan RSJ Atma Husada Samarinda menyiapkan keperluan medis. 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Belum diketahui secara pasti apakah pasien yang mengakses Rumah Sakit Jiwa Daerah (RSJD) Atma Husada Mahakam Samarinda merupakan caleg gagal yang stres atau pasien dengan status lainnya.

Namun, sudah ada pasien yang menggunakan jalur eksklusif untuk menggunakan fasilitas kesehatan di rumah sakit tersebut.

Psikolog Klinis RSJD Samarinda, Katarina Suko Tri Palupi SPsi MSi mengungkapkan, dirinya tidak mengetahui apakah pasien yang ditangani merupakan caleg stres atau pasien umum. Namun ia mengungkapkan, mengetahui latar belakang pasien dari cerita yang disampaikan sang pasien.

"Ya pastinya pasien saya itu menceritakan tentang hidupnya dia. Mulai awal hingga akhir. Nah, dari situ kita dapat mengetahui latar belakang pasien dan mengetahui juga pasien ini stres sebabnya karena apa. Kita dapat simpulkan dari cerita yang digambarkan pasien kepada kami," ujarnya saat diwawancarai Tribun di kantornya, kemarin.

Ruang perawatan pasien wanita kelas II RSJ Atma Husada Samarinda.
Ruang perawatan pasien wanita kelas II RSJ Atma Husada Samarinda. (TRIBUN KALTIM/NEVRIANTO HP)

"Namun, dapat saya sampaikan, mereka (pasien gangguan kejiwaan) ini sangat pintar menyamarkan diri dari penyakitnya. Ya kita tidak bisa paksakan mereka untuk dapat mengungkap jati dirinya. Terpenting, kita cukup tahu saja pasien ini latar belakangnya seperti apa dan dari kalangan mana," lanjutnya.

Bisa jadi, dibeberkan Palupi - sapaan akrabnya, di antara pasien yang ia tangani merupakan pasien yang penyebab gangguan kejiwaannya karena tidak lolos ke parlemen pada pileg beberapa waktu lalu.

Secara pasti, Palupi tidak dapat merincikan berapa jumlah pasien dengan penyebab kegagalan pileg yang telah ditangani.

Semua orang memiliki kecenderungan stres. Tapi, stres yang bagaimana. Ada empat golongan gangguan kejiwaan, yakni stres, gangguan kepribadian, gangguan prilaku, dan psikotik atau gangguan kejiwaan berat.

"Nah, yang keempat ini yang paling berbahaya dari gangguan jiwa lainnya," tandasnya.

Ada beberapa cara dilakukan saat menangani pasien sesuai kelompok penyakit gangguan kejiwaan. Pertama, Palupi akan melakukan bimbingan konseling kepada pasien.

Petugas medis berada di ruang tindakan RSJ Atma Husada Samarinda menyiapkan keperluan medis.
Petugas medis berada di ruang tindakan RSJ Atma Husada Samarinda menyiapkan keperluan medis. (TRIBUN KALTIM/NEVRIANTO HP)
Halaman
12
Penulis: Purnomo Susanto
Editor: Sumarsono
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved