Pendidikan

Jangan Sampai Salah Pilih PTS! Cek dan Cermati 8 Hal Ini Sebelum Memutuskan Kampus Pilihan

Satu yang pasti, tidak semuanya bisa ditampung di seluruh PTN yang ada. Untuk yang tetap ingin melanjutkan pendidikan, kuliah di PTS bisa jadi pilihan

Jangan Sampai Salah Pilih PTS! Cek dan Cermati 8 Hal Ini Sebelum Memutuskan Kampus Pilihan
ruangmahasiswa.com
Satu yang pasti, tidak semuanya bisa ditampung di seluruh PTN yang ada. Untuk yang tetap ingin melanjutkan pendidikan, kuliah di PTS bisa jadi pilihan 

TRIBUNKALTIM.CO - Kuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) apalagi PTN favorit merupakan dambaan hampir sebagai besar pelajar yang sudah menyelesaikan pendidikan di sekolah menengah atas.

Pemerintah sendiri, melalui Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) di situs resminya ltmpt.ac.id menyediakan beberapa jalur untuk masuk PTN, yakni :

- Seleksi Nasional Masuk PTN (SNMPTN) yang dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dan/atau portofolio calon mahasiswa; dan

- Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN) dilakukan berdasarkan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK)  yang terdiri dari Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA) serta kriteria lain yang disepakati PTN. - Selain penerimaan mahasiswa baru melalui SNMPTN dan SBMPTN, PTN dapat melakukan seleksi mandiri dimana dapat menggunakan nilai hasil UTBK.

Kuota daya tampung setiap Program Studi yang disediakan untuk calon mahasiswa baru yang mengikuti SNMPTN ditetapkan paling sedikit 20% (dua puluh persen) dari daya tampung Program Studi yang bersangkutan.

Adapun kuota setiap Program Studi yang disediakan untuk calon mahasiswa baru yang mengikuti SBMPTN ditetapkan paling sedikit 40% (empat puluh persen) dari daya tampung Program Studi yang bersangkutan.

Sementara, kuota setiap Program Studi yang disediakan untuk calon mahasiswa baru yang mengikuti seleksi mandiri ditetapkan paling banyak 30% (tiga puluh persen) dari daya tampung Program Studi yang bersangkutan.

Ada banyak PTS berkualitas

Satu yang pasti, tidak semua peserta yang melamar bakal bisa ditampung di seluruh PTN yang ada.

Untuk yang tetap ingin melanjutkan pendidikan, kuliah di Perguruan Tinggi Swasta atau PTS bisa menjadi pilihan. 

Selama ini, seperti dilansir Kompas.com, kuliah di PTS sering dianggap tidak bergengsi.

Halaman
1234
Penulis: Doan Ebenezer Pardede
Editor: Cornel Dimas Satrio Kusbiananto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved